Ormas Pendukung Jokowi Sodorkan Dua Nama Bakal Cawapres

M Rodhi Aulia 21 Juli 2018 15:46 WIB
pilpres 2019
Ormas Pendukung Jokowi Sodorkan Dua Nama Bakal Cawapres
Presiden Jokowi--MI/Ramdani
Jakarta: Sebanyak 76 ormas pendukung Joko WIdodo (Jokowi) sepakat untuk menyodorkan dua nama bakal Cawapres 2019-2024. Dua nama itu merupakan hasil diskusi selama satu pekan, 10-16 Juli 2018 di kawasan Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat.

Koordinator Ormas Pendukung Jokowi, Aznil Tan menuturkan sejatinya dalam diskusi itu memunculkan delapan nama bakal Cawapres Jokowi. Mereka adalah Moeldoko, Airlangga Hartarto, Mahfud MD, Susi Pudjiastuti, Chairul Tanjung, Tito Karnavian, Jimmly Asshiddiqie dan Sri Mulyani.

Namun, hanya akan ada dua nama prioritas yang akan diserahkan kepada Jokowi. "Dua nama Cawapres RI pendamping Jokowi yang menjadi prioritas usulan rakyat akan diserahkan langsung ke Jokowi dengan amplop tertutup sebelum tanggal 4 Agustus 2018," kata Aznil dalam keterangan tertulis, Jumat, 20 Juli 2018.


Baca: Nama Cawapres Jokowi Makin Mengerucut

Sayangnya, Aznil enggan membocorkan dua nama tersebut. Aznil menegaskan, dua nama itu akan diumumkam dalam waktu dekat. "Saya harus komit dengan keputusan forum," ujar dia.

Menurut Aznil, upaya pihaknya menyodorkan nama bakal cawapres Jokowi ini sebagai bentuk partisipasi publik dalam negara demokrasi untuk menentukan masa depan Indonesia. Secara prinsip, lanjut Aznil, kriteria Cawapres Jokowi, seharusnya yang dapat memperkuat kinerja Jokowi.

"Dia juga bukan parasit atau duri dalam daging. Dia juga harus dapat meningkatkan elektabilitas Jokowi, mampu mendamaikan dan merukunkan anak bangsa serta bukan sosok terbebani masa lalu (koruptor, tersandung kasus HAM, dan antireformasi)," beber dia.



(YDH)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id