Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera--Mi/Ramdani
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera--Mi/Ramdani

Presiden Diminta Terbitkan Perpres Pelibatan TNI di RUU Terorisme

Nasional revisi uu terorisme
Intan Yunelia • 19 Mei 2018 16:01
Jakarta: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meminta pelibatan TNI di dalam revisi undang-undang terorisme dibuat aturan turunannya. Salah satunya dengan Peraturan Presiden (Perpres).

"Detailnya (pelibatan TNI) di RUU itu dimasukkan ke perpres. Jadi harus segera keluar perpresnya," ujar Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu 19 Maret 2018.

Dalam Perpres itu, Presiden memiliki mandat penuh kapan TNI bisa dilibatkan dalam penanganan terorisme di Tanah Air. Aturan operasionalisasi pelibatan TNI pun diatur di dalam Perpres itu. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: Yasonna Sebut DPR Menghambat RUU Terorisme Ia mengharapkan RUU ini selesai dibahas akhir bulan ini. Karena hanya satu pasal yang belum disepakati antara pemerintah dan DPR. "Besok nih awal-awal mungkin Senin, Selasa ditingkat satu Pansus. Nanti Kamis mudah mudahan sebelum Juni kita sudah punya undang-undang terorisme yang baru," ucap Mardani.

RUU Terorisme ini terbilang cukup lama penyelesaiannya. Karena ada pasal-pasal yang sempat menjadi perdebatan antara pemerintah dan DPR. Seperti pasal pelibatan TNI, batas waktu penahanan dan terakhir pasal mengenai definisi terorisme.

"Dua tahun dari 2016 ke 2018 normal sebetulnya. Tetapi menjadi lama ketika memang ada kepentingan mendesak dari pasal-pasal yang ada," ujar Mardani.



Dari 122 daftar inventarisasi masalah (DIM) yang ada RUU terorisme, sekarang ini sudah mengerucut menjadi lima pembahasan saja. 

"Lima pun sudah mengerucut tinggal satu, definisinya pun kemarin sudah sepakat dimasukkan dalam penjelasan umum sudah siap untuk disahkan," pungkasnya.


(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi