Politik Tanpa Mahar Meratakan Suara Partai NasDem di Jawa

Whisnu Mardiansyah 08 Juni 2018 10:34 WIB
partai nasdemnasdempemilu serentak 2019
Politik Tanpa Mahar Meratakan Suara Partai NasDem di Jawa
NasDem ilustrasi - Medcom.id
Jakarta: Lembaga survei Charta Politika merilis hasil elektabilitas partai politik di empat provinsi di Jawa yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Elektabilitas Partai NasDem merata di empat provinsi tersebut. 

Ketua DPP Partai NasDem Martin Manurung mengatakan partainya satu-satunya partai kecil dan relatif baru yang sebaran suaranya merata. Elektabilitas Partai NasDem konsisten di atas 3 persen di empat wilayah tersebut. 

Di Banten, NasDem meraih 3,3 persen suara, di Jabar 6,2 persen, Jateng 4,2 persen, dan Jatim 5,1 persen. Padahal, secara demografi politik ada beberapa wilayah yang menjadi basis partai tertentu. 


“Padahal, kawasan tersebut menjadi basis massa dari beragam partai yang sama sekali bertolak belakang,” kata Martin dalam keterangannya, Jumat, 8 Juni 2018. 

Berbeda dengan partai lainnya yang memiliki disparitas elektabilitas yang cukup jomplang. Seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Di Jabar dan Banten relatif menjadi salah satu daerah utama mereka dengan 7,1 persen (Banten) dan 8,2 persen (Jabar). Tapi, begitu dibandingkan dengan Jatim, suara mereka di bawah 2 persen atau cuma 1,8 persen.

(Baca juga: Surya Paloh Cerita Pengalaman Politik Tanpa Mahar NasDem)

Martin mengungkapkan, hasil survei Charta Politika tersebut menunjukkan bahwa masyarakat di Pulau Jawa mulai menerima gagasan partai NasDem. Kondisi ini salah satunya berkat gerakan politik tanpa mahar yang terus mereka gelorakan.

“Kami yang sebelumnya kuat di luar Jawa sekarang mulai ada peningkatan signifikan di Jawa. Dan kami bisa bilang kalau kami satu-satunya partai yang melakukan ini di saat partai-partai lain memasang mahar politik sangat tinggi,” jelas dia. 

Gerakan politik tanpa mahar itu langsung terasa efeknya di tiga pilgub yang diikuti NasDem di Jabar, Jateng, dan Jateng. Di Jabar, NasDem mendukung calon gubernur, Ridwan Kamil, di Jateng bersama calon petahana Ganjar Pranowo sedangkan di Jatim bersama Khofifah Indar Parawansa. 

“Hampir semua calon yang didukung Nasdem berada dalam level yang kompetitif. Bahkan memiliki elektabilitas tertinggi untuk Jabar dan Jateng,” kata dia. 

Meski sebaran suara merata, Martin enggan jemawa. Sebab, target NasDem di Pulau Jawa meraih dua digit suara. 

“Paling tidak kami harus meraih suara di atas 10 persen,” pungkas dia. 

(Baca juga: Politik tanpa Mahar Bangun Demokrasi)






(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id