PAN akan Bahas Kelanjutan Pertemuan Amien-Prabowo-Rizieq
Ketua Umum (Ketum) sekaligus Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) dan Ketua Majelis Pertimbangan PAN Amien Rais (kiri). Foto: Antara/Muhammad Adimaja.
Jakarta: Partai Amanat Nasional (PAN) akan menindaklanjuti pertemuan mantan Ketua Umum (Ketum) PAN Amien Rais, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Mekkah, Arab Saudi. Mereka diyakini membahas koalisi Pilpres 2019.

"Nanti akan ada pembahasan lanjutan. Tetapi tentu bagaimana caranya, tentu akan dibicarakan dengan lintas partai juga. Tidak bisa kita sendiri saja karena koalisi kan gabungan dari partai-partai," kata Wakil Sekretaris Jenderal PAN Saleh Daulay saat dihubungi Medcom.id, Rabu, 13 Juni 2018.

Saleh menjelaskan masing-masing petinggi harus mendengarkan kader masing-masing untuk menentukan langkah yang akan diambil. Sosok yang ditunjuk untuk maju dalam Pilpres 2019 harus mendapat persetujuan dari seluruh partai koalisi.


"Perlu mendengar bagaimana pandangan teman-teman di partai, itulah perlunya komunikasi dan silaturahim tingkat partai politik itu. Kita harapkan ada satu pasangan calon yang menjadi penantang utama Pak Jokowi dalam pilpres yang akan datang," jelas Saleh.

Baca: PAN Komunikasikan Capres Usungan dengan Semua Parpol

Pertemuan Prabowo, Amien, dan Rizieq terjadi di sela-sela mereka beribadah umrah beberapa waktu lalu. Dari pertemuan ketiganya, sejumlah kalangan menilai akan ada koalisi untuk perhelatan Pilpres 2019 mendatang.

Di sisi lain, Prabowo sudah diberi mandat partainya untuk maju sebagai calon presiden (capres). Amien pun menyatakan siap maju menjadi capres. Sementara itu, Rizieq di urutan teratas dalam daftar capres yang direkomendasikan Persaudaraan Alumni (PA) 212.





(OGI)