Wasekjen PDIP Ungkap Nama Kandidat Cawapres Jokowi

Arga sumantri 11 Juli 2018 12:45 WIB
pilpres 2019
Wasekjen PDIP Ungkap Nama Kandidat Cawapres Jokowi
Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah. Foto: MI/Rommy Pujianto.
Jakarta: PDI Perjuangan masih mempertimbangkan sejumlah nama yang berpotensi jadi calon wakil presiden Joko Widodo. Kandidat cawapres Jokowi datang dari kalangan internal PDIP, partai koalisi, juga profesional dan tokoh agama.
 
Wasekjen PDIP Ahmad Basarah memastikan nama-nama yang mencuat masuh dalam pembahasan Jokowi bersama Ketua Umum PDIP Megawati. Setelah itu, nama-nama tersebut bakal dikomunikasikan dengan partai koalisi.
 
Dari kalangan internal PDI Perjuangan, ada nama Puan Maharani. Selain Puan, ada juga nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PPP Romahurmuziy, dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.
 
"Dari luar PDIP dan dari luar koalisi parpol pengusung, artinya, profesional, agamawan, militer,  polisi, dan sebagainya," kata Basarah di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 11 Juli 2018.

Baca: PDIP dan Jokowi Kaji Kriteria Cawapres

Kandidat potensial di luar PDIP dan parpol koalisi yang tengah dibahas yakni Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi. Ada pula nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsudin, mantan Menko Maritim Rizal Ramli, Kepala Staf Presiden Moeldoko, hingga Kepala BIN Budi Gunawan.
 
"Itu adalah cawapres yang sudah sumbernya di luar PDIP dan di luar koalisi partai-partai pengusung Jokowi," ujar Basarah.
 
Basarah memastikan peluang nama-nama yang muncul itu masih sama. Dia yakin Jokowi bisa memilih pendamping yang pas dan mengumumkannya di waktu yang tepat.
 
"Saya yakin Pak Jokowi tahu bagaimana memainkan bidak-bidak catur yang sekarang sudah mulai berproses," ungkapnya.






(FZN)