Presiden Joko Widodo dan Ketua MPR menghadiri pembukaan Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan di Yogyakarta (Foto:Dok.MPR)
Presiden Joko Widodo dan Ketua MPR menghadiri pembukaan Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan di Yogyakarta (Foto:Dok.MPR)

3 Hal yang Harus Dilakukan untuk Memajukan Bangsa

Nasional berita mpr
Pelangi Karismakristi • 23 Mei 2016 19:17
medcom.id, Yogyakarta: Presiden Joko Widodo dan Ketua MPR menghadiri pembukaan Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan yang terselenggara di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
 
Pada kesempatan itu, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia selalu terjebak membesarkan masalah dan tidak produktif, gampang mencemooh, dan mengeluh.
 
"Oleh karena itu, tantangan seperti itu harus kita selesaikan," ucap Jokowi dalam pidatonya, di Yogyakarta, Senin (23/5/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Jokowi, bangsa Indonesia tidak berani melaksanakan perombakan birokrasi dan peraturan.
 
"Ada 3 ribu perda bermasalah. Hal-hal seperti itu harus kita potong sehingga nenjadi cepat karena kita berkompetisi dengan bangsa lain yang telah mendahului kita," ucap Jokowi menambahkan.
 
Jokowi menyebut, ada tiga hal yang harus kita lakukan untuk mengejar ketertinggalan dari bangsa lain. Tiga hal tersebut ialah mempercepat pembangunan infrastruktur, deregulasi aturan, dan pembangunan sumber daya alam.
 
Sementara itu, Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, pada saat ini banyak terjadi kesenjangan antara yang kaya dan miskin, orang Pulau Jawa dan luar Jawa. Inilah tantangan bangsa yang harus dibenahi.
 
"Kesenjangan antara penduduk Jawa dengan luar Jawa sangat memprihatinkan. Bahkan, ada penduduk di luar Jawa tidak memiliki jamban," kata Zulkifli dalam sambutannya.
 
Pada kesempatan tersebut, hadir pula Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dia mengatakan, pesan kemajuan adalah sesuai dengan pesan KH Ahmad Dahlan.
 
"Pesan yang terucap satu abad yang lalu mempunyai makna yang besar. Pesan ini tak hanya untuk warga Muhammadiyah, tapi juga buat semua. Semoga konvensi dapat menjadi pemantik perubahan mental bagi semua," kata Sri Sultan.
 
Untuk diketahui, kegiatan Indonesia Berkemajuan merupakan sebuah cita-cita yang dijadikan semangat bagi Muhammadiyah untuk diwujudkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif