Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto: Medcom.id/Damar Iradat

Wamen Akan Diisi Kalangan Parpol dan Profesional

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
Damar Iradat • 24 Oktober 2019 17:52
Jakarta: Presiden Joko Widodo memastikan bakal ada wakil menteri (wamen) dalam Kabinet Indonesia Maju. Para wamen akan dilantik dalam waktu dekat.
 
"Jadi, sebetulnya sudah selesai wamen ini. Ada yang dari partai, ada yang dari profesional," kata Jokowi saat berdialog dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.
 
Jokowi mengaku belum menghitung jumlah wamen. Ia hanya memastikan akan ada wamen dari Papua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keterwakilan orang asli Papua dalam susunan Kabinet Indonesia Maju sempat menjadi pro dan kontra. Pada periode pertama, Jokowi memiliki Yohana Yembise sebagai menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang mewakili orang Papua di Kabinet Kerja.
 
Namun, pada periode kedua, keterwakilan Papua tak terlihat di susunan kabinet. Padahal, Jokowi sempat mengumbar janji akan menjadikan orang Papua sebagai menteri.
 
Jokowi mengatakan setiap wamen memiliki kompetensi yang mendukung kerja para menteri. Dia pun tak membuka kemungkinan menerima usulan Menteri BUMN Erick Thohir untuk memiliki tiga wamen.
 
"Misalnya di BUMN, kalau memang menterinya membutuhkan wamen ada tiga, dan itu diperlukan, kita tahu, BUMN kita ada 140-an," kata Jokowi.
 
Menurut dia, mengelola perusahaan sebanyak itu perlu pengawasan dan kontrol. Apalagi, menurut Jokowi, dari proses evaluasi terakhir, BUMN punya aset Rp8.400-an triliun.
 
"Agar ini dikelola dengan manajemen korporasi, tetapi orientasinya tetap kepentingan rakyat, bukan melulu keuntungan," ujar dia.
 

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif