NEWSTICKER
Desain Ibu Kota baru. Foto: Kementerian PUPR
Desain Ibu Kota baru. Foto: Kementerian PUPR

Korsel Tertarik Bangun Ibu Kota Baru Indonesia

Nasional Ibu Kota Baru
Nur Azizah • 25 Februari 2020 13:12
Jakarta: Pemerintah Korea Selatan tertarik ikut membangun ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur (Kaltim). Presiden Joko Widodo menyambut hangat minat Pemerintah Korsel.
 
"Disampaikan Korea Selatan berminat di ibu kota baru, dan Bapak Presiden menyambut positif," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembungaan Nasional Suharso Monoarfa di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 25 Februari 2020.
 
Ketertarikan Korsel membangun ibu kota baru meningkatkan peluang kerja sama kedua negara. Namun, Korsel belum mengungkap perihal konsep yang akan disodorkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka kan punya pengalaman di green city, pengalaman di sustainable city," ungkap dia.
 
Baca: Jokowi Ajak Negara Sahabat Bangun Ibu Kota Baru
 
Kerja sama ini sekaligus meluncurkan program nasional kemitraan untuk pertumbuhan ramah lingkungan dan tujuan global (P4G). Dua negara yang menginisiasi ialah Korsel dan Denmark.
 
"Dalam rangka mempercepat pencapaian pembangunan berkelanjutan khususnya di bidang pangan dan pertanian, air, kemudian energi, kemudian kota yang berkelanjutan, dan terakhir circular economy," ujar dia.
 
Korsel Tertarik Bangun Ibu Kota Baru Indonesia
Presiden Joko Widodo. Foto: Antara/Hafidz Mubarak
 
Sebelumnya, Presiden Jokowi mengajak pimpinan perusahaan terkemuka Korea Selatan untuk membangun ibu kota baru. Menurut dia, Indonesia terbuka untuk melakukan kerja sama dalam rangka pemindahan ibu kota ini.
 
Ia pun mengajak para CEO perusahaan besar Korsel untuk menguatkan kerja sama ekonomi, kerja sama perdagangan, dan kerja sama investasi antara Indonesia dan Korea
 

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif