NEWSTICKER
Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino. Foto: Medcom/Cindy
Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino. Foto: Medcom/Cindy

Pemerintah Diminta Perhatikan Pekerja Sektor Informal

Nasional Virus Korona
Sri Yanti Nainggolan • 20 Maret 2020 14:53
Jakarta: Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino meminta pemerintah pusat dan daerah memperhatikan pekerja sektor informal. Mereka tak bisa menerapkan sistem kerja dari rumah dalam rangka mencegah penyebaran virus korona (covid-19).
 
"Mereka itu kan mengandalkan pendapatannya dari lapangan. Kalau tidak ada, maka keluarga mereka mau makan apa?" kata Wibi di Jakarta, Jumat, 20 Maret 2020.
 
Wibi berharap ada kebijakan alternatif bagi pekerja sektor informal. Misalnya, lewat pengadaan sembako murah. "Itu yang sangat dibutuhkan buat para pekerja di lapangan yang penghasilannya berdampak karena kebijakan bekerja dari rumah," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Jokowi: Saatnya Kerja, Belajar, dan Ibadah di Rumah
 
Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertrans) DKI Jakarta mengimbau seluruh perusahaan di Ibu Kota menerapkan sistem bekerja dari rumah. Itu disampaikan melalui Surat Edaran Nomor 14/SE/2020 tentang Imbauan Bekerja di Rumah.
 
Beberapa poin yang tertuang di dalam surat edaran tersebut antara lain para pimpinan perusahaan diimbau mengambil langkah-langkah pencegahan terkait risiko penularan infeksi covid-19 dengan bekerja di rumah. Langkah pencegahan dapat dilakukan berupa menghentikan kegiatan usaha sementara waktu atau mengurangi sebagian kegiatan usaha baik karyawan, waktu, dan fasilitas operasional sementara.
 
Perusahaan yang tak dapat menghentikan kegiatan usaha harus menyiapkan fasilitas kesehatan, kebutuhan, pokok, dan bahan bakar minyak (BBM). Kepala Disnakertrans DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan perusahaan harus melibatkan para pekerja atau buruh, hingga serikat pekerja dalam mengambil kebijakan ini. Perusahaan yang telah mengambil kebijakan diharapkan melapor ke Disnakertrans.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif