Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Survei: Elektabilitas PDIP Tertinggi, Demokrat Meroket, dan Golkar Merosot

Nasional pemilu PDIP partai golkar Partai Demokrat survei
Anggi Tondi Martaon • 03 Agustus 2021 18:55
Jakarta: Elektabilitas PDI Perjuangan (PDIP) masih yang tertinggi versi hasil survei. Tingkat keterpilihan partai lambang banteng moncong putih itu 18,5 persen.
 
"Gerindra di urutan kedua dengan angka 11,5 persen," kata Direktur Eksekutif Indostrategic, A. Choirul Umam, dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual, Selasa, 3 Juli 2021.
 
Partai Demokrat menempati urutan ketiga dengan elektabilitas 8,9 persen. Umam menyebut elektabilitas partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu meningkat cukup banyak akibat polemik Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tentu indikatornya bisa beragam, apakah itu menunjukkan simpati publik atau apresiasi misalnya terhadap respons AHY dalam merespons dinamika politik ini. Sehingga mengonsolidasikan dukungan publik kepada Demokrat," ungkap dia.
 
Sementara itu, elektabilitas Partai Golkar merosot pada survei yang dirilis Indostrategic. Partai berlambang pohon beringin kuning itu hanya mendapat dukungan 6,9 persen dari responden.
 
Namun, Golkar dinilai tak perlu mengkhawatirkan perolehan elektabilitas itu. Partai yang dipimpin Airlangga Hartarto itu dinilai memiliki mesin partai dan logistik yang memadai.
 
"Meskipun pemilu dilakukan, dia (Golkar) tetap bisa menjaga elektabilitas," ujar dia.
 
Baca: Survei: Anies Tempel Ketat Elektabilitas Prabowo, Hanya Beda 0,5 Persen
 
Sebelumnya, Indostrategic melakukan survei terkait elektabilitas partai politik pada Pemilu 2024. Jajak pendapat itu dilakukan pada 23 Maret-1 Juni 2021. Jumlah respondennya mencapai 2.400 orang dengan metode survei multistage random sampling. Tingkat kepercayaan survei ini 95 persen dengan margin of error dua persen.
 
Berikut elektabilitas partai berdasarkan survei Indostrategic:
 
1. PDI Perjuangan: 18,5 persen
2. Geindra: 11,5 persen
3. Demokrat: 8,9 persen
4. PKS: 8,5 persen
5. Golkar: 6,9 persen
6. PKB: 5,5 persen
7. NasDem: 3,1 persen
8. PAN: 1,5 persen
9. PPP: 1,5 persen
10. Perindo: 0,5 persen.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif