Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (tengah). MI/M Irfan
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (tengah). MI/M Irfan

Perluasan Amendemen Pasal Diharap tak Buat Revisi UU Otsus Papua Molor

Nasional otonomi daerah Papua ruu daerah otonomi ruu dpr DPR RI otonomi khusus papua
Anggi Tondi Martaon • 18 Juni 2021 05:56
Jakarta: Pemerintah dan DPR sepakat membuka peluang membahas ketentuan lain di luar Pasal 34 dan Pasal 76 Undang-Undang (UU) Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus (Otsus) Papua. Namun, perluasan revisi diharap tak buat pembahasan molor.
 
"Jangan sampai nanti kemudian berlarut-larut karena masalah yang bersifat sensitif," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat rapat kerja (raker) bersama Pansus Revisi UU Otsus Papua di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 17 Juni 2021
 
Hal sensitif yang dimaksud eks Kapolri itu adalah pasal yang berkaitan dengan politik dan pemerintahan. Dia menyebut aspirasi tersebut banyak disampaikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua.
 
"Itu (aspirasi Pemprov Papua) hampir didominasi oleh permasalahan politik. Nah ini akan membuat revisi UU Otsus berlarut-larut," ungkap dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: DIM Revisi UU Otsus Papua Diserahkan ke Pemerintah Pekan Depan
 
Dia mengingatkan, pemerintah dan DPR tengah dikejar waktu. Sebab, ketentuan dalam sejumlah pasal akan habis masa berlakunya pada akhir tahun ini. Yakni, Pasal 34 yang mengatur dana Otsus Papua.
 
"Berakhirnya Dana Otsus pada 1 November 2021," ujar dia.
 
Menanggapi pernyataan Mendagri, Ketua Pansus Revisi UU Otsus Papua Komarudin Watubun menyampaikan komitmen amendemen. Yakni, mempercepat pembangunan di Bumi Cendrawasih.
 
"Prinsipnya revisi itu harus mempercepat tujuan otsus, yaitu kesejahteraan. Jadi nanti dalam DIM fraksi-fraksi kita bicarakan dalam semangat kekeluargaan," ujar Komarudin.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif