Ilustrasi: Medcom.id/Rakhmat Riyandi.
Ilustrasi: Medcom.id/Rakhmat Riyandi.

Menteri Muda Jangan Takut Jadi Bulan-bulanan Senior

Nasional kabinet jokowi presiden jokowi
Ilham Pratama Putra • 23 Agustus 2019 11:59
Jakarta: Pengamat politik dari Unikom Bandung, Adiyana Slamet, meminta menteri muda yang bakal mengisi Kabinet Kerja jilid II tak berkecil hati. Adiyana yakin menteri muda mampu bekerja baik seperti para senior.
 
"Jangan sampai anak muda jadi bulan-bulanan. Terpenting mampu untuk mengemban amanat, bekerja atau tidak," kata Adiyana kepada Medcom.id, Jumat, 23 Agustus 2019.
 
Adiyana menyarankan menteri muda membangun komunikasi yang baik dengan para senior. Meski muda, spirit bekerja, manajerial, dan kedewasaan politik harus dikedepankan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena serangan kelompok tua ending-nya dibuktikan oleh menteri muda dalam kinerjanya," tutur dia.
 
(Baca juga:Menerka Menteri Muda dari Gelagat Jokowi)
 
Adiyana juga berpesan pada menteri maupun politikus berpengalaman untuk memahami anak muda. Perkembangan zaman mengubah sejumlah aspek.
 
"Hari ini perlu kecepatan, karena perkembangan zaman begitu dinamis. Baik ekonomi politik dibutuhkan kegesitan, serta kreativitas. Dan itu saya pikir dimiliki kawan-kawan muda," ujar dia.
 
Joko Widodo bertekad membentuk kabinet efektif dan responsif pada tantangan perubahan global yang sangat cepat. Salah satu bentuknya, kabinet nanti akan mengakomodasi kaum muda.
 
"Kenapa kita penting mengakomodasi orang muda, usia 30-an, bahkan mungkin 25 tahunan, karena kaum muda umumnya lincah dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat," papar Jokowi dalam wawancara khusus dengan Medcom.id di Istana Bogor, Senin, 1 Juli 2019.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif