Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. Foto: MI/Atet Dwi Pramadi
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. Foto: MI/Atet Dwi Pramadi

DPW PKS Bebas Cari Kawan Koalisi

Nasional pks pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Nur Azizah • 04 Desember 2019 14:03
Jakarta: Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) tak akan mencampuri strategi daerah pimpinan wilayah (DPW) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. DPW tak diwajibkan berkoalisi dengan partai tertentu.
 
"Misal di sini kita tidak bersama PDI Perjuangan, Golkar, NasDem, tapi dalam membangun koalisi Pilkada 2020 itu dibolehkan," kata Ketua DPP Mardani Ali Sera di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu, 4 Desember 2019.
 
Mardani menegaskan sikap PKS sebagai oposisi hanya berlaku di tingkat pusat. Sementara itu, DPW PKS di kabupaten, kota, hingga provinsi dipersilakan memiliki sikap berbeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, kebijakan ini akan disampaikan dalam rapat kerja nasional (rakernas) PKS sore ini. Selain membahas Pilkada 2020, rakernas juga membedah sikap oposisi PKS.
 
"Kita juga akan membahas fokus strategi legislasi nasional PKS selama lima tahun ke depan agar teman-teman di provinsi sama perjuangannya," pungkas dia.
 
PKS menargetkan meraup suara hingga 60 persen di Pilkada 2020. Sementara itu, ada 270 daerah yang menggelar pemilihan.
 
Sekretaris Jenderal PKS Mustafa Kamal menyatakan pihaknya berkomitmen menang dengan bermartabat. PKS berjanji menghindari politik uang hingga ujaran kebencian.
 
"Dan segala bentuk kecurangan dan pelanggaran yang sikap yuridis maupun etis," kata Kamal, Sabtu, 16 November 2019.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif