Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. Foto: Antara/Puspa Perwitasari

PPP Ikhlas Kehilangan Kursi Menag

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
Nur Azizah • 23 Oktober 2019 17:58
Jakarta: Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ikhlas Jenderal (Purn) Fachrul Razi menduduki kursi menteri agama (menag) di Kabinet Indonesia Maju. Posisi itu sebelumnya ditempati Lukman Hakim Saifuddin dari PPP.
 
"Yang paling penting umat Islam. Sepanjang menteri agama itu masih seorang muslim ya tidak usah kita persoalkan juga," kata Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Oktober 2019.
 
Arsul tak menampik jabatan itu kerap diserahkan ke PPP, setidaknya sejak era Menag Suryadharma Ali pada 2009. Namun, Presiden Joko Widodo ingin keluar dari pakem-pakem yang ada.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selama ini ada anggapan bahwa Kemenag pos tradisionalnya PPP. Saya pernah sampaikan ke Pak Jokowi, 'Pak kalau boleh kami itu diberi tantangan di portofolio lain,' dan dikabulkan," ujar Arsul.
 
Sementara itu, PPP diberi jatah menteri di Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Jabatan itu diisi pelaksana tugas (plt) Ketua Umum (Ketum) PPP Suharso Monoarfa yang sempat mencicipi kursi menteri perumahan rakyat 2009-2011.
 
"Itu kan pos yang berat. Tapi, ya kami yakin Pak Suharso bisa karena background pendidikan beliau sesuai," ujar dia.
 
Jebolan Fakultas Planologi, Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat, itu menggantikan posisi Bambang Brodjonegoro. Sementara itu, Bambang Brodjonegoro diberi mandat sebagai menteri riset, teknologi, dan pendidikan tinggi menggantikan Mohammad Nasir.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif