Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Susanto
Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Susanto

Pemprov DKI Awasi Bandara dan Pelabuhan

Nasional Virus Korona
Sri Yanti Nainggolan • 04 Februari 2020 16:49
Jakarta:Pemerintah Provinsi DKI siaga virus korona.Ketua Komisi E DPRD DKI Imam Satria meminta pengawasan ketat dilakukan di jalur pertukaran, seperti bandara dan pelabuhan.
 
"Di Tanjung Priok (dipantau) supaya kita bisa masif mencegah," kata dia saat ditemui di Gedung DPRD DKI, Selasa, 4 Februari 2020.
 
Hal ini diyakini sebagai langkah taktis mencegah virus tersebut masuk ke Jakarta. Imam meminta otoritas pelabuhan mengawasi pengiriman dari Batam. Sebab wilayah tersebut dekat dengan Singapura yang sudah terpapar virus korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terkait pengawasan di Bandara, Imam menyebut Pemprov DKI sudahbekerja sama dengan pemerintah pusat. Penumpang yang terindikasi mengalami tanda-tanda terpapar korona akan disterilisasi.
 
Pemprov DKI Awasi Bandara dan Pelabuhan
WNI dari Tiongkok diseprotkan cairan saat tiba di Batam, Kepri. Foto: ANT/DOK Kemenlu
 
Dinas Kesehatan (Dinkes) turut berpartisipasi dengan membentuk tim kecil dan menyediakan ruangan-ruangan steril di rumah sakit.
 
"Di RS Tarakan dan RS Pasar Rebo sudah disiapkan," kata Imam.
 
Untuk tenaga medis, Dinkes juga memerhatikan petugas dengan menyiapkan pakaian khusus agar tak terkontaminasi kuman. Hal itu diberlakukan hingga tingkat Puskesmas.
 
Politisi Fraksi Gerindra tersebut mengungkapkan bahwa DPRD akan mendukung melalui anggaran. Jika ada kebutuhan mendesak, pihaknya tak ragu mencairkan dana.
 
"Kita bisa menggunakan biaya tak terduga kalau diperlukan," imbuh dia.
 
Presiden Joko Widodo minta masyarakat tak panik menghadapi isu penyebaran virus korona. Presiden telah meminta jajarannya melakukan pencegahan dan perlindungan.
 
"Saya juga memberikan pengertian kepada seluruh rakyat di manapun berada agar tidak perlu panik," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 4 Februari 2020.
 
Pemerintah telah mengantisipasi dampak penyebaran virus. Mulai dari pemberlakuan protokol kesehatan hingga memperketat masuknya warga negara Tiongkok ke Indonesia.
 


 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif