Presiden Joko Widodo berpidato pertama kali di Sidang Majelis Umum PBB. Foto: BPMI/UNTV
Presiden Joko Widodo berpidato pertama kali di Sidang Majelis Umum PBB. Foto: BPMI/UNTV

Jokowi Sentil Kementerian Agar Tak Jalan Sendiri

Nasional Virus Korona presiden jokowi
Nur Azizah • 24 September 2020 11:48
Jakarta: Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar kementerian tidak berjalan sendiri-sendiri dalam meningkatkan perekonomian desa. Semuanya harus berjalan dengan tujuan yang sama.
 
"Gunakan momen pandemi (covid-19) ini untuk mengintegrasikan dan mengonsolidasikan program penanggulangan kemiskinan. Jadi, saya minta semua kementerian jangan membuat program sendiri," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 24 September 2020.
 
Menurut Jokowi, pandemi juga sebagai momen meningkatkan program ekonomi desa. Karena itu, seluruh kementerian harus terintegrasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau tidak terintegrasi, tidak terpadu, hasilnya tidak terlihat. Ini harus terintegrasi betul. Misalnya Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memastikan dana desa digunakan produktif," jelas Jokowi.
 
Baca: Pidato Jokowi di Sidang Umum PBB Blessing in Disguise
 
Lalu, Kementerian Perkejaan Umum dan Perumahan Rakyat menyediakan infrastruktur dasar. Kementerian Perhubungan menyampaikan konektivitasnya.
 
"Kementerian Sosial menangani warga yang kurang mampu. Kementerian Koperasi dan UKM menangani sektor-sektor usaha kecil dan mikro," kata dia.
 
Kepala Negara kembali menegaskan agar seluruh kementerian memiliki frekuensi yang sama. Ini penting untuk menghasilkan program yang maksimal.
 
"Saya kira banyak sekali yang bisa dilakukan, tapi kalau tidak terintegrasi, lepas-lepas hasilnya tidak akan kelihatan. Oleh sebab itu, semuanya dijalankan dalam strategi besar, solid dan terintegrasi," ucap dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif