Koopssusgab Diyakini Efektif Tangani Terorisme
Ilustrasi--medcom.id
Jakarta: Anggota Komisi I DPR RI, Evita Nursanty meyakini pembentukan Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) TNI efektif. Koopssusgab bisa mempercepat penindakan terhadap teroris, jika dibandingkan dengan penegak hukum yang ada saat ini.

"Kita ingat ancaman itu bisa punya skala yang lebih kecil hingga besar yang membutuhkan kesiapan dalam waktu yang cepat, dalam hal ini Koopssusgab TNI bisa membantu," kata Evita saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Kamis, 17 Mei 2018.

Evita pun setuju jika Koopssusgab berada di bawah komando Panglima TNI. Menurut Evi, Panglima TNI maupun Kapolri bisa saling koordinasi dalam menjalankan tugas memberantas terorisme.


"Jadi pandangan saya pribadi Koopssusgab bagus sekali disiapkan sebagai bentuk bantuan dari TNI kepada Polri," ucap anggota Fraksi PDI Perjuangan itu. 

Baca: Koopssusgab di Bawah Komando Panglima TNI

Tapi soal penggunaannya, lanjutnya, harus tetap mengacu kepada UU Nomor 34 Tahun 2004 soal TNI. Terutama operasi militer selain perang (OMSP). "Kecuali ada keputusan lain dalam revisi UU teroris," kata Evita.

Sebelumnya Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengklaim telah dapat restu dari Presiden Joko Widodo untuk membentuk Koopssusgab TNI dalam menangani terorisme.

Menurut Moeldoko, Koopssusgab berada di bawah komando Panglima TNI. Pasalnya, pasukan elite antiteror ini berada di satuan TNI.




(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id