Tingkah Amien Rais Disebut Cara PAN Kuatkan Oposisi
Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno/ANT/Widodo S. Jusuf
Jakarta: Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menyatakan siap maju jadi calon presiden. Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno menduga sikap itu bagian taktik PAN menguatkan posisi tawar terhadap kubu oposan.

"Ini kan PAN dan PKS lagi berebut untuk menjadi cawapres Pak Prabowo (Ketum Gerindra Prabowo Subianto). Dengan Pak Amien menyatakan begitu, bisa saja supaya posisi tawar PAN meningkat. Jadi Pak Prabowo memilih orang PAN bukan PKS, kan bisa saja kita belum jelas," jelas Hendrawan saat dihubungi, Senin, 11 Juni 2018.

Pada dasarnya, kata dia, Amien memiliki hak mengajukan diri sebagai capres pada 2019. Hendrawan juga mengatakan tak ada aturan yang melarang Amien nyapres kendati sudah tak muda lagi.


"Demokrasi itu membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Itu sebabnya Mahathir Mohammad (pemimpin Malaysia) usia 92 tahun, di Afrika Selatan Nelson Mandela keluar dari penjara bisa menjadi presiden pada usia yang tua. Jadi tidak ada masalah," ujar dia.

Baca: Fahri Dorong Amien Rais Nyapres

Amien punya pekerjaan rumah cukup besar jika memang ingin diusung sebagai capres. Amien harus bisa menggalang koalisi partai politik sesuai aturan ambang batas parlemen 20 persen.

Setidaknya, Amien harus didukung tiga parpol. Namun, rakyatlah yang bakal menentukan semuanya, meski Amien nantinya mendapat banyak dukungan.

PDI Perjuangan dalam posisi menunggu dinamika politik berkembang. Hendrawan menilai selama ini kubu pesaing Joko Widodo belum jelas.

"Karena selama ini terlau banyak wacana, tapi parpol ini masih tenang-tenang. Jadi Pak Amien Rais tugasnya sekarang meyakinkan para ketua umum parpol (oposisi) bahwa dia ini layak untuk diusung, layak untuk dijual," tegas dia.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id