Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom.id
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom.id

Inovasi Parekraf Dipercaya Mampu Dorong Perekonomian Nasional

Nasional Partai NasDem Pariwisata nasdem Ekonomi Kreatif Kemenparekraf DPR RI Lestari Moerdijat
Anggi Tondi Martaon • 08 November 2021 22:41
Jakarta: Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dianggap membutuhkan berbagai inovasi. Dengan begitu, upaya mendorong perekonomian nasional bisa terwujud. 
 
Anggota Komisi X Lestari Moerdijat (Rerie) menyampaikan pesan ini dalam focus group discussion (FGD) 'Peran UMKM dalam Event Daerah.' Kegiatan itu diselenggarakan Direktorat Event Daerah Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Parekraf di The Palm Beach Resort, Jepara, Jawa Tengah.
 
"Proses adaptasi oleh para pelaku UMKM di daerah dapat dimulai lewat partisipasi, keterlibatan parsial atau menyeluruh dalam setiap kegiatan parekraf, baik yang sifatnya untuk pengetahuan maupun pemberdayaan," kata Rerie melalui keterangan tertulis, Senin, 8 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil Ketua MPR itu menyampaikan pemerintah telah mencanangkan berbagai program membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal itu diharapkan mampu menghasilkan input dan output produk yang maksimal.
 
Baca: Bangka Barat Bangkitkan Ekonomi Kreatif Melalui Pameran Bonsai
 
"Untuk mendorong kebangkitan ekonomi nasional diperlukan kreativitas serta perpaduan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membangun dan mengembangkan unit usaha yang bisa 
dimulai dari para pelaku UMKM," ungkap dia.
 
Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu menegaskan kolaborasi dan partisipasi semua pihak sangat dibutuhkan. Pasalnya, hal itu menjadi kunci pemulihan dan kebangkitan perekonomian daerah.
 
Menurut dia, ada sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan daerah. Salah satunya menyelenggarakan event daerah.
 
"Event daerah dapat menjadi langkah awal maupun lanjutan bagi UMKM untuk promosi wisata, budaya, dan ekonomi kreatif berbasis potensi lokal," sebut dia.
 
Selain itu, penyelenggaraan event daerah bisa meningkatkan penyerapan bantuan yang diberikan pemerintah. Dengan begitu, manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. 
 
"Masyarakat bisa menjadi pelaku utama dalam transisi pemulihan ekonomi," ujar dia.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif