Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat Rakorsus di Makassar, Sulawesi Selatan. Foto: MI/Pius Erlangga
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat Rakorsus di Makassar, Sulawesi Selatan. Foto: MI/Pius Erlangga

NasDem Bertekad Pertahankan Dominasi di Pilkada 2020

Nasional Partai NasDem pilkada serentak
Lina Herlina • 25 Januari 2020 20:26
Makassar: Partai NasDem bertekad mempertahankan dominasi di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. Pilkada serentak kali ini bakal digelar di 270 daerah yang terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.
 
"Target kita di Pilkada 2020, jangan kurang dari lalu-lalu," kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat menghadiri rapat koordinasi khusus (Rakorsus) Partai NasDem di Hotel Rinra, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 25 Januari 2020.
 
Surya menjelaskan NasDem punya capaian positif di tiga Pilkada yang telah diikuti. NasDem selalu ada di papan atas sebagai partai yang menjadi pemenang di Pilkada.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Teranyar yakni dalam Pilgub 2018. Dari 17 provinsi yang menyelenggarakan Pilgub, NasDem meraih kemenangan di 11 provinsi. Surya pun menegaskan NasDem harus bisa mempertahankan capaian tersebut.
 
"Itu sudah terjadi, sayang kalau NasDem tidak mempertahankan itu. Paling tidak mempertahankan dari tiga kali tahapan pilkada secara nasional," ujar Surya.
 
Namun, Surya mengaku tak akan bertindak gegabah seperti memecat pengurus NasDem di daerah, apabila target kemenangan Pilkada tidak tercapai. Sikap seperti itu bukan budaya yang ada di NasDem. Bagi Surya, NasDem harus bisa membangun budaya politik baru.
 
"Jika kalah, itu berarti pemimpinnya yang lemah. Terlalu gampang kita ini memecat, menyalahkan pasukan. Budaya itu tidak boleh ada di NasDem," ungkap Surya.
 
Surya mengatakan NasDem akan terbuka dalam mengusung calon kepala daerah. NasDem tak melulu mengutamakan pengusungan kader internal. "Kita coba 'mix', yang penting kita upayakan kader, kita tetap lihat popularitas dan elektabilitasnya," pungkasnya.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif