Ilustrasi PKB. Medcom.id/Rakhmat Riyandi.
Ilustrasi PKB. Medcom.id/Rakhmat Riyandi.

PKB Klaim Punya Banyak Stok Menteri Muda

Nasional kabinet jokowi
Whisnu Mardiansyah • 04 Juli 2019 15:50
Jakarta: Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan mengaku punya banyak stok kader muda. Kader muda itu disebut siap menjadi menteri di kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin.
 
"Banyak kader muda PKB yang mampu, tapi urusan figur kita serahkan ke Cak Imin (Muhaimin Iskandar)," kata Daniel kepada Medcom.id, Kamis, 4 Juli 2019.
 
Baca: Ma'ruf Ungkap Susunan Kabinet Dibahas Bulan Ini

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Daniel sepakat kabinet perlu diisi sosok muda. Ia berharap Jokowi tak sembarangan memilih menteri muda. Sosok itu harus memiliki kapabilitas dan wawasan luas terkait pemerintahan.
 
Para anak muda ini harus ahli di bidangnya. Mereka juga harus mampu menjawab tantangan Indonesia ke depan. Jangan sampai hanya membawa embel-embel mewakili kalangan milenial demi mengisi slot anak muda di kabinet.
 
"Kaum muda diberi kesempatan, yang penting sosoknya paham sejarah kebangsaan, tantangan Indonesia ke depan, paham masalah dan mampu memberi terobosan-terobosan jalan keluar yang efektif," jelasnya.
 
Joko Widodo sebelumnya bertekad membentuk kabinet yang efektif dan responsif terhadap tantangan perubahan global yang sangat cepat. Salah satu bentuknya, kabinet nanti akan mengakomodasi kaum muda.
 
Baca: PDIP: Menteri Muda tak Harus di Bawah 30 Tahun
 
"Kenapa kita penting mengakomodasi orang muda, usia 30-an, bahkan mungkin 25 tahunan, karena kaum muda umumnya lincah dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat," papar Jokowi dalam wawancara khusus dengan Medcom.id di Istana Bogor, Senin, 1 Juli 2019.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif