Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Presiden Perlu Mewaspadai Posisi Prabowo di Kabinet

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
Kautsar Widya Prabowo • 23 Oktober 2019 06:53
Jakarta: Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris mengingatkan Presiden Joko Widodo terkait posisi Prabowo Subianto di Kabinet Kerja jilid II. Prabowo disebut-sebut bakal menduduki kursi menteri pertahanan.
 
"Apakah Jokowi tidak menyadari ini?, Saya enggak tahu, tapi menhan itu posisi yang sangat strategis," kata Syamsuddin dalam diskusi Mencermati Kabinet Jokowi Jilid II, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Oktober 2019.
 
Syamsuddin memaparkan Pasal 8 ayat (3) UUD 1945 mengatur tiga menteri dapat menggantikan posisi kepala negara jika ada hal-hal yang tidak diinginkan. Mereka yakni menteri pertahanan, menteri luar negeri, dan menteri dalam negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut hal ini harus diperhatikan betul. Apalagi, Prabowo dua kali menjadi rival Jokowi pada pemilihan presiden.
 
"Kalau presiden dan wakil presiden berhenti, diberhentikan atau tidak dapat melakukan kewajibanya dalam masa jabatannya secara bersamaan, pelaksana tugas kepresidenan adalah menlu, mendagri, dan menhan," tutur dia.
 
Dia mengajak masyarakat meningkatkan fungsi pengawasan jalannya pemerintahan. Syamsuddin menyebut pemerintah perlu benar-benar diawasi.
 
"Supaya betul-betul berada di jalan yang lurus," kata dia.
 
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ditawari posisi menteri di Kabinet Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Prabowo mengaku diminta membantu bidang pertahanan.
 
"Saya diizinkan untuk menyampaikan bahwa saya diminta membantu beliau di bidang pertahanan," kata Prabowo usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif