Presiden Joko Widodo bersama tujuh stafsus milenial. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
Presiden Joko Widodo bersama tujuh stafsus milenial. Foto: Medcom.id/Damar Iradat

Adamas: Baru Kali Ini Ada Stafsus Muda di Pemerintahan

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
Damar Iradat • 21 November 2019 20:11
Jakarta: Presiden Joko Widodo menunjuk tujuh staf khusus (stafsus) dari kalangan milenial. Mereka mengeklaim sebagai yang pertama dalam sejarah Indonesia.
 
"Rasanya tidak terbayang di pemerintahan sebelumnya atau di negara lain, anak muda seperti kita mampu ke ring 1 istana," kata salah satu stafsus Jokowi, Adamas Belvasyah Devara, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 21 November 2019.
 
Adamas mengatakan, penunjukan para milenial sebagai stafsus menjadi komitmen dari Jokowi. Menurut dia, generasi milenial harus ikut serta dalam kebijakan publik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


CEO Ruangguru itu mengatakan banyak sektor strategis yang akan mereka garap sebagai stafsus. Ia berjanji bakal menjalankan amanah ini sebaik mungkin.
 
"Kami bekerja sekuat kami untuk bisa men-deliver, untuk bisa memenuhi ekspektasi Presiden dan kemajuan Indonesia," papar dia.
 
Stafsus lainnya, Billy Mambrasar, berjanji akan membawa pengalamannya sebagai pendiri Kitongbisa, organisasi sosial yang membantu anak-anak muda Papua. Pengalaman ini akan dikembangkan ke seluruh wilayah Indonesia.
 
Angki Yudistia, stafsus lainnya, bersyukur dipilih menjadi salah satu orang kepercayaan Jokowi. Hal ini amat berarti bagi Angki mengingat dirinya satu-satunya perempuan berkebutuhan khusus di jajaran stafsus.
 
"Berdiri di sini menyuarakan 21 juta jiwa disabilitas di seluruh Indonesia," papar Angki.
 
Sementara itu, stafsus Jokowi yang lain, Putri Tanjung, ingin membuktikan bila ia dipilih Jokowi bukan karena nama besar orang tua. Putri adalah anak dari pengusaha Chairul Tanjung.
 
Putri mengaku, embel-embel nama sang ayah memang melekat di dirinya. Namun, sejak umur 15 tahun, ia mencoba untuk independen tanpa nama besar sang ayah.
 
"Awalnya emang dari tekanan, karena setiap orang pasti nyambung-nyambungin saya sama bapak saya. Akhirnya saya mau mencoba," ungkap Putri.
 
Ia menjadi stafsus termuda di jajaran orang-orang kepercayaan Jokowi. Saat ini, ia masih berumur 23 tahun.
 
Namun begitu, Putri mengaku siap mengemban amanah dari Kepala Negara. Ia akan membantu Jokowi untuk mengembangkan anak-anak muda Indonesia agar lebih kreatif.
 
"Jadi, saya selalu percaya pontensi ekonomi kreatif di Indonesia sangat luar biasa. Apalagi di era digital ini, itu lah kita dibutuhkan anak anak muda. Semoga kami semua bisa menyuarakan aspirasi anak-anak muda ke istana," pungkas dia.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif