Presiden Joko Widodo. ANT/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo. ANT/Sigid Kurniawan

Jokowi Perintahkan Penerapan Mini Lockdown

Nasional Virus Korona PSBB
Nur Azizah • 28 September 2020 10:15
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan mini lockdown diterapkan di tiap wilayah. Mini lockdown yang dimaksud ialah intervensi berbasis lokal untuk mencegah penyebaran covid-19 (korona).
 
Jokowi menyebut pembatasan berskala mikro baik di tingkat desa, kampung, RT, dan RW lebih efektif. Perintah ini sering disampaikan dalam pertemuan.
 
"Ini perlu saya sampaikan sekali lagi kepada komite bahwa intervensi berbasis lokal ini agar disampaikan ke provinsi, kabupaten, dan kota. Saya kira itu lebih efektif. Mini lockdown yang berulang itu akan lebih efektif," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 28 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi menginstruksikan kepala daerah tak memukul rata permasalahan di tiap wilayah. Pasalnya, tiap daerah memiliki tingkat risiko yang berbeda.
 
(Baca: Jokowi: Kepala Daerah Jangan Buru-buru Tutup Wilayah)
 
"Jangan sampai kita generalisasi satu kota atau satu kabupaten apalagi satu provinsi, ini akan merugikan banyak orang," ujarnya.
 
Sebelumnya, Kepala Negara pernah mengingatkan kepala daerah agar tidak buru-buru menutup wilayah. Penutupan wilayah harus mempertimbangkan data dan kondisi.
 
"Jangan buru-buru menutup sebuah wilayah, menutup sebuah kota, kabupaten dan kalau kita bekerja berbasiskan data, langkah-langkah intervensinya bisa berjalan lebih efektif," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 14 September 2020.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif