Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Antara/Hafidz Mubarak
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Antara/Hafidz Mubarak

Demokrat Sebut Yus Sudarsono Berdusta Soal SBY Bukan Pendiri Partai

Nasional partai politik politik sby partai demokrat isu politik
Candra Yuri Nuralam • 01 Maret 2021 07:14
Jakarta: Partai Demokrat menegaskan mantan kader Yus Sudarsono berbohong soal Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak punya kontribusi dalam pendirian partai. Yus dinilai memanipulasi sejarah.
 
"Ini namanya manipulasi sejarah oleh Yus Sudarso. Beliau bilang enggak ada keringat Pak SBY mendirikan partai, bohong itu," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra melalui keterangan tertulis, Minggu, 28 Februari 2021.
 
Herzaky menjelaskan partai berdiri saat SBY kalah dari Hamzah Haz untuk mendampingi Megawati Soekarnoputri saat mencalonkan diri sebagai presiden pada 2001. Pemilihan itu ada di MPR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usai kalah, SBY disarankan membuat partai oleh Ventje Rumangkang. Ventje menilai saat itu banyak masyarakat yang ingin SBY memimpin Indonesia.
 
"Setelah berdiskusi dengan Ibu Ani Yudhoyono, Bapak SBY kemudian mengamini usulan Ventje," ujar Herzaky.
 
Baca: Yus Sudarso: Tidak Ada Keringat Pak SBY Mendirikan Demokrat
 
Usai berdiskusi dengan istrinya, SBY kemudian mendesain partai. Nama, logo, bendera, mars, hingga manifesto politik Partai Demokrat semuanya diklaim hasil karya SBY.
 
"Partai ini pun didirikan pada 9 September 2001, mengambil tanggal yang sama dengan hari ulang tahun SBY pada tanggal 9 bulan sembilan. Begitu pula dengan pemilihan jumlah deklarator pendiri partai sebanyak 99 orang," tutur Herzaky.
 
Herzaky menegaskan SBY merupakan pendiri Partai Demokrat. SBY bahkan disebut sebagai orang yang membuat pondasi partai tersebut.
 
"Ini kenyataan sejarah yang tidak bisa dipungkiri, kalau dibilang tidak ada keringat Pak SBY mendirikan partai, itu ketahuan orang yang tidak paham sejarah," kata Herzaky.
 
Baca: Yus Sudarso Bangga Dipecat Dari Demokrat
 
Yus Sudarso menyindir Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ikon partai lambang bintang mercy itu disebut tidak merasakan perjuangan saat partai didirikan.
 
Fase yang dimaksud, yaitu perjuangan memperoleh verifikasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Verifikasi dibutuhkan agar Demokrat bisa mengikuti Pemilu 2004.
 
"Itu (verifikasi) adalah perjuangan keringat dan darah kader Demokrat seluruh Indonesia pada saat itu. Tidak ada keringat Pak SBY pada saat itu," kata Yus saat dihubungi, Jumat, 26 Februari 2021.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif