Jokowi Belum Tunjuk Wakapolri Baru

Achmad Zulfikar Fazli 15 Agustus 2018 11:54 WIB
reshuffle kabinet
Jokowi Belum Tunjuk Wakapolri Baru
Kapolri Jendral Tito Karnavian. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.
Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan belum ada keputusan soal pengganti Komjen Syafruddin sebagai wakapolri. Pasalnya, Tito masih harus berkonsultasi dengan Presiden Joko Widodo.
 
"Karena memang mekanismenya begitu. Itu hak prerogatif Presiden setelah menyampaikan dan atas persetujuan Pak Presiden soal jabatan wakapolri," kata Tito di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, 15 Agustus 2018.
 
Tito menjelaskan tak ada batas waktu kapan wakapolri baru harus dilantik. Dia membantah Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz sudah ditunjuk sebagai wakapolri baru.
 
"Belum ada. Belum," ujarnya.
 
Namun, dia mengamini bila wakapolri bisa diisi oleh jenderal polisi bintang dua dan tiga. Di sisi lain, Idham adalah jenderal bintang dua.

Baca: Komjen Syafrudin Jadi Menpan-RB

Sementara itu, Syafruddin menyerahkan sepenuhnya jabatan wakapolri baru kepada Tito. Masalah ini akan dibahas di Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).
 
"Terserah Wanjakti nanti. Saya tidak punya kewenangan lagi bicara tentang Wanjakti, tadinya saya ketua Wanjakti, sekarang karena tugas wakapolri sudah diserahkan ke Kapolri sehingga tugas wanjakti diambil alih Kapolri," kata Syafruddin.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id