Ilustrasi bahan pokok. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi bahan pokok. Medcom.id/M Rizal

134 Ribu Paket Bantuan Disalurkan ke TKI di Malaysia

Nasional tki Virus Korona virus corona
Anggi Tondi Martaon • 26 April 2020 06:25
Jakarta: Bantuan bahan pokok juga diberikan disalurkan kepada tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia. Jumlah bantuan yang sudah disalurkan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mencapai 134.505 paket per 25 April 2020.
 
"Bantuan pemerintah ditambah masyarakat menjangkau di atas 150 ribu orang," kata juru bicara Kemenlu Teuku Faizasyah kepada Medcom.id, Minggu, 26 April 2020.
 
Bantuan difokuskan untuk kelompok rentan, yaitu TKI yang terdampak kebijakan Perintah Kawalan Pergerakan (Movement Control Order/MCO) yang diterapkan Pemerintah Malaysia. MCO diberlakukan untuk mengatasi penyebaran virus korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jumlah (TKI) persisnya fluktuatif," ujar dia.
 
Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Judha Nugraha menjelaskan, jumlah TKI berdasarkan catatan enam perwakilan pemerintah di Malaysia mencapai 1,2 juta orang. Penyaluran bantuan dianggap belum menyeluruh.
 
Judha memperkirakan, jumlah TKI di Malaysia jauh lebih besar. Sebab, banyak yang tidak melapor ke perwakilan pemerintah sehingga tidak tercatat
 
"Dan mayoritas berstatus undocumented (ilegal)," kata Judha.
 

Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini: https://www.medcom.id/corona
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif