Politikus NasDem Siti Nurbaya Bakar. ANT/Puspa Perwitasari.
Politikus NasDem Siti Nurbaya Bakar. ANT/Puspa Perwitasari.

Omnibus Law Cipta Kerja Mengakomodir Aspek Lingkungan

Nasional Omnibus Law
Anggi Tondi Martaon • 12 Februari 2020 17:14
Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya membantah Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja tidak pro terhadap lingkungan. Draft dipastikan tetap mengakomodasi aspek analisis dampak lingkungan (Amdal).
 
"Jadi enggak benar kalau dibilang Amdalnya dihapus dan lain-lain itu tidak benar. Amdal tetap," kata Siti di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 12 Februari 2020.
 
Salah satu Amdal yang diakomodasi pada draft yakni pihak swasta harus memperhatikan standar lingkungan dalam pembangunan. Standar ditentukan pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak dibebankan kepada swasta di awal. Tapi dia menjadi standar. Ketika menjadi standar dan tidak dipenuhi, dia kena juga," kata dia.
 
Siti menyebut ketentuan itu mengedepankan aspek lingkungan. Ketentuan yang dibuat pemerintah bahkan bertujuan untuk mengawasi pembangunan, termasuk dampak terhadap lingkungannya.
 
"Standar lingkungan itu mempunyai daya enforce, daya untuk kita mempersoalkan. Dan itu nanti ditetapkan dalam peraturan pemerintah. Itu yang terkait dengan lingkungan," ucapnya.
 
Omnibus Law Cipta Kerja Mengakomodir Aspek Lingkungan
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan Surpres sekaligus draf Omnibus Law Cipta Kerja serta naskah akademiknya ke DPR. MI/Susanto
 
Pemerintah juga mengubah aturan pengadaan lahan dalam draft Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja tersebut. Salah satunya, penetapan luas lahan tidak lagi berdasarkan angka.
 
"Oleh karena itu, ditetapkan dengan kriteria saja. Jadi buo, geo, fisik. Jadi kalau dulu disebut angkanya harus berapa persen, nah ini sekarang harus ditegaskan dalam bentuk proporsional persentase menurut bentuk bio geo fisik alamnya," ujar dia.
 
Menurut politikus Partai NasDem ini, keberadaan Omnibus Law Cipta Kerja terkait lingkungan lebih disederhanakan. RUU ini memudahkan pembangunan dengan catatan tetap menjaga lingkungan. "Nanti detailnya disosialisasikan," tegas dia.
 

 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif