Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait covid-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 16 Maret 2020. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait covid-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 16 Maret 2020. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Presiden Diminta Waspadai Pembisik

Nasional RUU Haluan Ideologi Pancasila
Medcom • 11 Juli 2020 20:45
Jakarta: Isu Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) tetap didorong DPR dengan mengganti judulnya menjadi RUU Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) ditanggapi dingin Pemuda Pancasila (PP). Mereka meminta Presiden Joko Widodo menyaring semua masukan terkait RUU HIP yang ditolak sejumlah elemen masyarakat.
 
“Presiden harus waspada dan jeli melihat penolakan yang masif dari masyarakat. Tak perlu mendengarkan pembisik-pembisik yang hanya mau memecah belah bangsa,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Pimpinan Nasional (MPN) PP Arief Rahman dalam diskusi virtual Human Studies Intitute, Sabtu, 11 Juli 2020.
 
Menurut dia, PP menolak semua isi RUU HIP. Pancasila, kata dia, sudah final sehingga tak perlu diperdebatkan lagi dengan RUU HIP. Dia pun heran bila fraksi di DPR tetap ngotot melanjutkan RUU HIP di tengah kondisi bangsa yang sedang sulit akibat pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“RUU ini kan inisiatif DPR. Kenapa harus lahir saat suasana pandemi covid-19. DPR harus peka dong dengan kondisi kita saat ini. Padahal namanya RUU kan mesti ada sosialisasi, bagaimana mau sosialisasi negara saja sedang berjuang lawan covid-19," ungkap Arief.
 
Baca: PDIP Diminta Tidak Ngotot Bahas RUU HIP
 
Mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) DKI Jakarta itu menilai para elite seharusnya fokus mengaktualisasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai yang terkandung dalam falsafah bangsa itu harus diimplementasikan
 
“Seharusnya para elite dan tokoh-tokoh nasional memberi contoh kepada masyarakat bagaimana sikap Pancasilais yang sebenarnya. Tentunya dengan sifat dan perilaku yang baik, misalnya tidak korupsi," ungkap dia.
 

(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif