Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meluncurkan buku Kata Fadli: Catatan Kritis Dari Senayan, di Gedung Kura-kura, Komplek Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin, 15 April 2019 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meluncurkan buku Kata Fadli: Catatan Kritis Dari Senayan, di Gedung Kura-kura, Komplek Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin, 15 April 2019 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)

Kumpulan Kritik Fadli Zon Diterbitkan dalam Bentuk Buku

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 15 April 2019 13:11
Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meluncurkan buku Kata Fadli: Catatan Kritis Dari Senayan. Buku tersebut berisikan kumpulan kritik Fadli selama menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019.
 
Peluncuran buku yang digabung dengan Focus Group Discussion (FGD) itu dihadiri oleh Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, Ekonom Rizal Ramli, Peneliti LIPI Siti Zuhro, dan Budayawan Ridwan Saidi. Hadir pula pejabat Kesekjenan DPR RI dan perwakilan masyarakat.
 
"Ini belum semua, mungkin baru sebagian. Karena setiap hari bisa hingga 3 kritik yang disampaikan melalui rilis," kata Fadli Zon, ditemui di Gedung Kura-kura, Komplek Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin, 15 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Buku Kata Fadli: Catatan Kritis Dari Senayan merupakan buku ketiga yang dibuat Fadli Zon dalam kurun waktu 4,5 tahun. Buku teranyar ini dianggap sangat substansif dengan amanah yang diembannya sebagai anggota DPR.
 
Seperti diketahui, DPR RI memiliki tiga fungsi, salah satunya pengawasan. Pengawasan bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, di antaranya melalui kritik terhadap roda pemerintahan.
 
"Apalagi kebutulan, saya berada di seberang pemerintah (oposisi). Jadi, tentu harus lebih kritis daripada yang lain," kata Fadli Zon.
 
Dalam menyampaikan kritiknya, Fadli Zon sering kali merupakan bentuk spontanitas. Walau begitu, ia menegaskan kritik yang disampaikan berdasarkan data dan ada yang melalui riset mendalam.
 
Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengapresiasi peluncuran buku Kata Fadli: Catatan Kritis Dari Senayan. Fahri Hamzah blak-blakan mengakui sudah membaca isi buku ketiga Fadli Zon tersebut.
 
"Buku ini sudah saya baca sejak 4,5 tahun karena setiap dia mengeluarkan rilis, dia selalu WA (WhatsApp) ke saya," kata Fahri Hamzah.
 
Fahri mengapresiasi konsistensi Fadli membuat buku selayaknya menjadi contoh yang patut ditiru oleh anggota DPR RI lainnya. Mengingat Kesekjenan DPR RI memfasilitasi setiap anggota menyalurkan pemikirannya melalui buku.
 
"Tentu apa yang dilakukan Pak Fadli juga hendaknya dilakukan dan diaktifkan oleh semua anggota DPR," ujar Fahri.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif