Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (batik cokelat). Medcom/Ilham Pratama Putra.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (batik cokelat). Medcom/Ilham Pratama Putra.

Dana Pembangunan Kabupaten/Kota Capai Rp856 Triliun

Nasional pembangunan
Ilham Pratama Putra • 20 Desember 2019 14:39
Jakarta: Pemerintah menggelontorkan dana sebanyak Rp856 triliun untuk pembangunan kabupaten dan kota pada 2020. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut dana itu untuk pemerataan pembangunan di pinggiran.
 
"Ini harapan pemerintah pusat, dana-dana itu dapat digunakan untuk membangun masyarakat di daerah masing-masing secara efektif dan efisien," kata Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat 20 Desember 2019.
 
Pemerintah juga menggelontorkan duit sebesar Rp72 triliun untuk program dana desa pada 2020. Tito menyebut program ini sejalan dengan konsep pembangunan Presiden Joko Widodo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Membangun desa sesuai konsep Presiden membangun dari pinggiran. Membangun dari perdesaan dalam rangka pemerataan pembangunan," jelas mantan Kapolri itu.
 
Kemendagriyakin bisa mengelola dan membina pemerintah daerah untuk memanfaatkan dana pembangunan itu. Tugas tersebut diberikan kepada tiga direktorat jenderal yang berada di bawah naungan Kemendagri.
 
"Makanya ada di Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Dirjen Pembinaan Keuangan Daerah, dan Dirjen Pembinaan Pemerintah Desa," jelas Tito.
 

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif