Politikus Golkar Bamban Soesatyo. MI/Susanto.
Politikus Golkar Bamban Soesatyo. MI/Susanto.

Bamsoet Disebut Masuk Bursa Caketum Golkar

Nasional partai golkar
Nur Azizah • 04 November 2019 14:10
Jakarta: Ketua DPP Partai Golkar Darul Siska memastikan Bambang Soesatyo maju sebagai calon Ketua Umum Partai Golkar. Bambang Soesatyo kemungkinan besar akan bertarung dengan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum petahana.
 
Darul klaim telah mengonfirmasi kabar itu kepada pria yang akrab disapa Bamsoet itu. Bamsoet berkali-kali menyebut bakal maju dalam bursa ketua umum.
 
"Selalu dia jawab dia siap untuk maju mencalonkan diri sebagai ketua umum pada Munas (musyawarah nasional) yang akan datang," kata mantan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar tersebut di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Senin, 4 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Darul mengatakan partai dan panitan tak bisa menolak pencalonan Bamsoet. AD/ART partai berlambang beringin itu mengatakan kader manapun bisa maju dalam bursa calon ketua umum. Darul menegaskan Bamsoet merupakan milik Partai Golkar yang ditugaskan sebagai Ketua MPR.
 
"Kalau Golkar kemudian memintai beliau bertanggung jawab membesarkan partai, maka beliau tidak bisa menolak," ungkap dia.
 
Ia menegaskan kesepakatan antara Bamsoet dan Airlangga bisa batal jika mayoritas menginginkan hal itu. Menurut Darul, permintaan kader lebih penting dari ego pribadi.
 
"Kesepakatan pribadinya dengan Pak Airlangga itu bisa kalah apabila dia diminta oleh kader-kader di tingkat provinsi, kabupeten, dan kota untuk memimpin partai di masa yang akan datang," ungkapnya.
 
Salah satu loyalis Airlangga Hartarto, Azis Syamsuddin mengatakan, tak habis pikir jika Bamsoet maju dalam bursa calon ketum. Airlangga dan Bamsoet telah memiliki komitmen.
 
"Nah itu, yang tahu antara Pak Airlangga, Pak Bamsoet sama Allah yang tahu. Biar yang mengingkari biar Allah yang melaknatnya," kata Azis.
 
Azis tak bisa melarang pencalonan Bamsoet. Berdasarkan AD/ART partai, siapa pun berhak maju sebagai calon ketua umum. Azis menegaskan terdapat komitmen yang telah dibuat Bamsoet sebelumnya. Ia pun menyerahkan penilaian kepada masyarakat mengenai hal itu.
 
Partai Golkar menggelar rapat pleno musyawarah nasional (munas) pada Selasa, 5 November 2019. Rapat itu akan membahas agenda dalam munas.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif