Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Penyederhanaan Surat Suara Disebut Mudahkan Pemilih dan Penyelenggara

Nasional kpu pemilu bawaslu Pemilu 2024
Indriyani Astuti • 21 November 2021 02:31
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar simulasi pemungutan suara menggunakan model surat suara dan fomulir yang disederhanakan. Penyederhanaan ini disebut memudahkan petugas dan pemilih pada Pemilu 2024.
 
"Desain surat suara yang dirancang oleh KPU sudah dilakukan simulasi secara internal KPU RI," ujar Ketua KPU RI Ilham Saputra dalam kanal YouTube KPU, Sabtu, 20 November 2021. 
 
Menurut dia, saat Pemilu 2019, lima surat suara disediakan. Hal ini membuat penyelenggara dan pemilih kesulitan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kesulitan pemilih dalam memberikan suara berakibat pada tingginya suara tidak sah berdasarkan survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). KPU kemudian mengevaluasi desain surat suara dan formulir untuk digunakan dalam Pemilu Serentak 2024.
 
Baca: Surat Suara Disederhanakan, Pemilih Butuh 2 Menit untuk Nyoblos
 
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan mengatakan dari simulasi yang digelar, pemungutan dan perhitungan bisa disempurnakan. Ia menyebut kompleksitas Pemilu 2024 bukan hanya ada lima pemilihan yang berlangsung, tetapi tetapi juga calon legislatif yang jumlahnya banyak untuk dimuat di kertas suara. 
 
"Ada partai yang belum tentu (mengusung) hanya satu calon. Ada tiga sampai sepuluh calon untuk DPR RI dan  dua sampai tiga calon untuk DPRD provinsi dan kabupaten/kota. Dengan penyederhanaan desain surat suara akan bisa ditemukan desain dan formulir yang paling efektif," ungkap Abhan.

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif