Presiden Joko Widodo dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Nasional (Rakorbangnas) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kamis, 29 Juli 2021. Foto: BPMI
Presiden Joko Widodo dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Nasional (Rakorbangnas) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kamis, 29 Juli 2021. Foto: BPMI

Presiden: Perencanaan Pembangunan Harus Pakai Data BMKG

Nasional Jokowi bencana bencana alam Joko Widodo presiden joko widodo Mitigasi Bencana BMKG
Theofilus Ifan Sucipto • 29 Juli 2021 12:24
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan pengambilan keputusan dan rencana pembangunan mesti melibatkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Pembangunan nasional harus memperhatikan kerawanan bencana.
 
“Peringatan BMKG harus bisa dan harus digunakan sebagai rujukan dalam pengambilan keputusan pemerintah di berbagai sektor,” tegas Jokowi dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Nasional (Rakorbangnas) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kamis, 29 Juli 2021.
 
Menurut dia, informasi seperti kekeringan, cuaca ekstrem, gempa, dan kualitas udara harus diperhatikan. Data-data ini penting dalam merancang kebijakan dan pembangunan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Presiden Ingin BMKG Inovatif Jadi Rujukan Penanganan Bencana
 
“Sekali lagi, kebijakan nasional dan daerah harus betul-betul sensitif dan antisipatif terhadap kerawanan bencana,” papar Kepala Negara.
 
Jokowi mendorong kolaborasi antara BMKG dan kementerian/lembaga serta pemerintah daerah (pemda) diperkuat. BMKG juga harus mampu memberikan layanan informasi yang akurat, cepat, dan mudah.
 
Upaya tersebut, kata Jokowi, bisa dilakukan dengan beragam inovasi. BMKG diminta adaptif terhadap perkembangan teknologi terbaru untuk observasi, analisis, prediksi, dan peringatan dini.
 
“Agar kita lebih mampu meminimalkan risiko yang harus kita hadapi,” tutur dia.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif