NEWSTICKER
Ketua DPR Puan Maharani. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Ketua DPR Puan Maharani. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Alat Uji Korona Dianggap Perlu Didistribusikan ke Daerah

Nasional Virus Korona virus corona
Anggi Tondi Martaon • 16 Maret 2020 11:55
Jakarta: Pemerintah pusat diminta mendistribusikan alat uji sampel virus korona (covid-19) ke daerah. Pemerintah daerah harus bisa melakukan uji sampel korona.
 
"(Uji sampel) tidak hanya terpusat di Balitbang Kementerian Kesehatan," kata Ketua DPR Puan Maharani dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin, 16 Maret 2020.
 
Puan menilai pemerintah juga harus meningkatkan fasilitas dan tenaga kesehatan. Penanganan korona harus dipersiapkan sebaik mungkin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Termasuk menggratiskan biaya pengobatan dan biaya tes spesimen, bagi mereka yang terpapar korona," ujar dia.
 
Baca:Pasien Korona di Jawa Tengah Jadi 4 Orang
 
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebelumnya berkeinginan memiliki laboratorium untuk menguji spesimen pasien yang diduga terinfeksi virus korona. Keinginan tersebut keluar setelah ada dua pasien di Jawa Tengah yang positif korona.
 
"Alatnya tidak mahal kok, mungkin mau beli. Kalau bisa setiap daerah melakukan pengetesan. Lebih pendek jaraknya dan lebih cepat waktunya. Sehingga kita bisa cepat merespons persoalan ini," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 13 Maret 2020.
 
Hal senada disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies ingin meminta izin menguji pasien positif korona secara mandiri. Surat pengajuan sudah dikirim ke Kementerian Kesehatan.
 
"Tujuannya, begitu ada pribadi-pribadi yang harus diuji, kita bisa langsung uji, kita bisa langsung mendapatkan hasilnya karena dalam satu hari bisa selesai," kata Anies di Ruang Balairung DKI, Jakarta Pusat, Jumat, 13 Maret 2020.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif