Ketua Tim perwakilan mogok kerja PT Freeport Indonesia Jerry Jerangga (kiri) usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan. (Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta)
Ketua Tim perwakilan mogok kerja PT Freeport Indonesia Jerry Jerangga (kiri) usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan. (Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta)

Presiden Terima Korban PHK PT Freeport Indonesia

Nasional freeport
Dheri Agriesta • 13 Februari 2019 13:59
Jakarta: Presiden Joko Widodo menerima para korban pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh PT Freeport Indonesia. Mereka diterima setelah sembilan hari menginap di depan Istana Merdeka.
 
"Kami membahas bahwa kami diperlakukan tidak manusiawi oleh PT Freeport Indonesia di Papua," kata Ketua Tim perwakilan mogok kerja PT Freeport Indonesia Jerry Jerangga usai bertemu Presiden di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 13 Februari 2019.
 
Jerry mengaku telah sembilan hari menginap di depan Istana. Langkah itu diambil setelah rangkaian aksi protes di Kementerian Tenaga Kerja tak mendapatkan respons.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di depan Istana, mereka menginap di bawah tenda sederhana. Mereka pun menuntut keadilan kepada presiden.
 
"Kami minta kepada Bapak Presiden untuk menindak secara tegas pelanggaran norma kerja yang dilakukan oleh PT Freeport yang dilakukan terhadap kami di Papua," kata dia.
 
Baca juga: Korban PHK Freeport Tuntut Keadilan di Car Free Day
 
Jerry menceritakan duduk perkara masalah mereka. Pada 2017, PT Freeport Indonesia memecat sebanyak 800 pekerja dengan alasan tak produksi dan merugi karena peralihan dari kontrak karya ke IUPK (Izin Usaha Pertambangan Khusus).
 
Namun, Jerry menyebut tenaga kerja baru justru direkrut setelah mereka dipecat. Ia pun meminta kepada presiden agar PT Freeport Indonesia memenuhi hak mereka.
 
"Karena Freeport melakukan kebijakan di luar UU RI," katanya.
 
Jerry heran dengan skema pemecatan itu. Perusahaan merumahkan mereka tanpa batas waktu. Padahal, mereka adalah pegawai tetap.
 
Jerry bersyukur dipanggil Presiden Jokowi. Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu, Jokowi berjanji akan memanggil PT Freeport Indonesia.
 
"Untuk membicarakan hal ini bersama kami," kata Jerry.
 
Para perwakilan peserta aksi langsung kembali ke lokasi aksi usai bertemu Presiden Jokowi. Mereka akan mendiskusikan hasil pertemuan dengan peserta aksi lain. Mereka pun belum bisa menjamin kapan akan mengakhiri aksi menginap di depan Istana.
 
Klik:Puluhan Korban PHK Freeport Datangi KPK
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif