Ilustrasi. Foto: Antara.
Ilustrasi. Foto: Antara.

KPK Rekomendasikan Dana Bantuan Parpol Diberi Setengah

Nasional partai politik
Achmad Zulfikar Fazli • 21 November 2016 16:50
medcom.id, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merekomendasikan agar negara memberikan dana bantuan melalui APBN kepada partai politik sebesar 50 persen dari total keperluan parpol. Rekomendasi ini diberikan setelah KPK mengkaji pengelolaan keuangan parpol.
 
"Tahun 1999 jumlah bantuan APBN untuk parpol Rp105 miliar. Tapi berdasarkan UU Nomor 12 turun jadi Rp13 miliar. Sekarang APBN sudah Rp2 ribu triliun. Jadi kita lihat ada paradoks bertambah 10 kali lipat, tapi anggaran parpol jadi turun," kata Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (21/11/2016).
 
Namun, kata Pahala, KPK terlebih dahulu melihat biaya yang dibutuhkan oleh 10 parpol yang ada saat ini. Pasalnya, KPK harus mengetahui jumlah nyata dari kebutuhan parpol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Fix cost ada dan tidak ada pemilu, biaya untuk kegiatan kita usulkan 25 persen dari anggaran. Lalu kita usulkan untuk pendidikan politik 75 persen dari anggaran," kata dia.
 
Menurut dia, kegiatan dan pendidikan politik parpol bisa menghabiskan dana sekira Rp9,3 triliun untuk 10 parpol. Karena itu, bantuan negara sangat penting buat mengurangi beban mahalnya biaya kegiatan dan pendidikan politik tersebut.
 
“Dari Rp9,3 triliun, partai menanggung setengah Rp4,7 triliun. Negara juga menangung setengah Rp4,7 triliun juga. Jadi 50 persen, 50 persen," jelas dia.
 
Namun, pihaknya tak mau gegabah mengambil keputusan. Pihaknya akan melihat kinerja partai tersebut dalam jenjang waktu 10 tahun ke depan.
 
"Kalau komponen etik dan transparansi rekrutmen dan kaderisasi berjalan, maka kita sebut kinerja membaik, nanti negara akan beri mencapai 50 persen," kata dia.
 

 

(FZN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif