Presiden Joko Widodo di forum Global Covid-19 Summit.. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo di forum Global Covid-19 Summit.. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi-Joe Biden Sepakat Soal Penanganan Pandemi Covid-19

Nasional Jokowi Joko Widodo joe biden kemenkes covid-19 pandemi covid-19 protokol kesehatan
Theofilus Ifan Sucipto • 23 September 2021 09:42
?Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepakat dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di forum Global Covid-19 Summit. Seluruh negara harus bergerak cepat menangani pandemi covid-19 dan menyiapkan rencana sistem kesehatan global yang baik.
 
“Ajakan dari Presiden Amerika disambut dengan baik oleh Presiden Indonesia Bapak Joko Widodo,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadiki dalam keterangan video, Kamis, 23 September 2021.
 
Jokowi menekankan tiga hal dalam forum tersebut. Pertama, mendorong pembangunan arsitektur sistem ketahanan global yang baru. Kepala Negara melihat sistem kesehatan satu negara sangat erat hubungannya dengan sistem kesehatan negara lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, perlunya mekanisme global sumber daya kesehatan yang bisa diakses seluruh negara. Terutama bagi negara-negara berkembang bila mengalami krisis kesehatan.
 
Hal itu berkaca dari sistem keuangan global melalui Dana Moneter Internasional (IMF). Tata kelola dan partisipasinya jelas untuk membangun ketahanan keuangan global.
 
“Dan terbukti menyelamatkan kondisi keuangan baik fiskal dan moneter di negara berkembang,” papar Budi.
 
Baca: 3 Ajakan Joe Biden pada Jokowi Soal Pandemi Covid-19
 
Jokowi menyatakan Indonesia siap membantu menyusun dan berkontribusi terhadap pembangunan arsitektur global sistem pertahanan kesehatan. Sehingga negara-negara yang mengalami krisis kesehatan bisa langsung dibantu.
 
Budi menyebut Jokowi ingin standar protokol kesehatan yang sama di seluruh negara. Protokol kesehatan itu mencakup semua aktivitas global baik di transportasi maupun pertemuan tatap muka.
 
“Protokol kesehatan harus distandardisasi agar memudahkan pergerakan orang ke seluruh negara,” tutur dia.
 
Standardidasi protokol kesehatan, kata Budi, kian penting lantaran Indonesia menjadi Presidensi G20 pada 2022. Indonesia juga berkomitmen menjadi salah satu global hub manufacturing vaksin mRNA.
 
“Vaksin ini akan sangat dibutuhkan untuk memvaksinasi jutaaan manusia di dunia,” ujar dia.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif