Ilustrasi. Masjid Istiqlal. Antara/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi. Masjid Istiqlal. Antara/Aditya Pradana Putra

Menparekraf Ingin Masjid Istiqlal Jadi Pusat Peradaban Islam

Nasional masjid pembangunan masjid Sandiaga Uno Kemenparekraf
Nur Azizah • 22 Februari 2021 08:36
Jakarta: Renovasi besar-besaran Masjid Istiqlal telah mengubah wajah baru masjid terbesar di Asia Tenggara itu. Wajah baru ini diharapkan meningkatkan pelayanan untuk jemaah, masyarakat, dan wisatawan.
 
"Hari ini kita bisa saksikan tahap awal dari renovasi satu monumen Masjid Istiqlal, yang Insyaallah menjadi peradaban Islam ke depan yang betul-betul menghadirkan Islam yang rahmatan lil'alamin," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan tertulis, 22 Februari 2021.
 
Masjid Istiqlal diharapkan bisa menjadi tujuan wisata sejarah. Serta menjadi pusat peradaban yang akan menggeliatkan ekonomi kreatif dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sandiaga berharap perbaikan ini tak sekadar berfaedah bagi masyarakat muslim di sisi ibadah. Semua sarana dan prasarana seperti parkiran, pelataran, hingga tempat usaha mikro, Kecil, dan menengah (UMKM) diharapkan lebih tertata.
 
"Kita doakan The New Istiqlal menjadi episentrum dari wisata religi yang membuka banyak kebermanfaatan dan membuka peluang kerja, membangkitkan, dan menumbuhkan kembali sektor pariwisata setelah pandemi ini," kata Sandiaga.
 
Baca: Jokowi Resmikan Hasil Renovasi Pertama Masjid Istiqlal
 
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar berharap Sandiaga bisa menggodok strategi agar Masjid Istiqlal diberdayakan bagi kepentingan ekonomi umat. Ia ingin Istiqlal membawa dampak  yang luas bagi Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim.
 
"Bukan saja Masjid Istiqlal yang baru, tapi program dan visinya pun juga harus baru. Dan salah satu program kita ini, kalau dulu adalah masyarakat memberdayakan masjid. Nah kita balik, masjid yang harus memberdayakan masyarakat," kata Nasaruddin Umar.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif