Ibas mengadakan pertemuan daring dengan pelaku UMKM/Antara/Imam.
Ibas mengadakan pertemuan daring dengan pelaku UMKM/Antara/Imam.

UMKM Dianggap Sebagai Soko Guru Perekonomian Nasional

Nasional partai demokrat UMKM
Antara • 30 Oktober 2020 14:10
Jakarta: Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dianggap berperan penting menggerakkan ekonomi wilayah. Segmen usaha ini bahkan punya sumbangsih besar di tingkat nasional.
 
"Bisa dikatakan UMKM merupakan soko guru Pemulihan ekonomi nasional," kata Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono, (Ibas) seperti dikutip dari Antara, Jumat, 30 Oktober 2020.
 
Namun demikian, Ibas menyebut saat ini banyak pelaku UMKM terdampak pandemi covid-19, khususnya di Jawa Timur. Dia telah mendengari banyak keluhan dari pedagang di wilayah Ngawi, Trenggalek, Magetan, Ponorogo, dan Pacitan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada yang kekurangan pemasukan, ada yang terlilit utang, dan bahkan ada yang sulit untuk melanjutkan kehidupan," kata Ibas.
 
Ibas memberi bantuan kepada pedagang di Daerah Pemilihan (Dapil) Jatim VII itu. Menurut dia, uluran tangan tersebut diperlukan untuk mendukung pengusaha mikro, kecil, dan menengah bertahan di tengah badai pandemi.
 
"Kita terus ingatkan mereka yang lebih mampu untuk lebih peduli dan berbagi kepada sesama, juga kepada pemerintah pusat dan daerah untuk terus pro rakyat dan pro UMKM," katanya.
 
Dia berharap bantuan pada pelaku UMKM memicu dukungan lain dari pemerintah. Misalnya memberikan insentif berupa bantuan hibah tunai, penyaluran KUR dengan bunga rendah, dan keringanan bunga cicilan kredit.
 
Di sisi lain, Ibas mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Pacitan yang terus konsisten mendukung UMKM. Misalnya lewat bantuan permodalan dana bergulir, pelatihan teknis usaha, dan bimbingan manajemen usaha.
 
"Saya berharap proses dukungan kepada pelaku UMKM menjadi lebih sederhana, cepat dan tepat. Mereka semua butuh bantuan agar tidak melihat mereka gulung tikar terlebih dahulu baru dibantu dan diperhatikan," kata Ibas.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif