Gedung MPR/DPR/DPD. Ilustrasi: Medcom.id/Gregorius Yohandi.
Gedung MPR/DPR/DPD. Ilustrasi: Medcom.id/Gregorius Yohandi.

Ketua MPR Harus Memiliki Jiwa Pemersatu

Nasional mpr
MetroTV • 15 Agustus 2019 03:25
Jakarta: Ketua MPR periode 2019-2024 disebut harus berpengalaman, memiliki jiwa negarawan, dan memiliki sikap yang dapat mempersatukan kelompok. Kendati begitu, ketua MPR tak harus figur ketua umum partai politik,
 
"Figur tersebut tidak harus ketua umum partai, tapi politisi senior yang memiliki rekam jejak baik, menjalankan politik kenegaraan dan yang utama bersikap mempersatukan kelompok kepentingan," tutur Pakar Komunikasi Politik Lely Arrianie di Jakarta, seperti dilansir dari Antara, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Soal pemilihan ketua MPR, kata dia, juga harus disesuaikan dengan nama MPR, yakni dilakukan dengan cara musawarah mufakat. Apalagi, anggota MPR merupakan gabungan DPR dan DPD yang disebut bikameral.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


MPR harus sesuai dengan namanya maka pemilihan pimpinan MPR RI dilakukan secara musyawarah mufakat. MPR RI anggotanya merupakan gabungan dari DPR RI dan DPD RI yang disebut bikameral.
 
Lely mengatakan, anggota MPR merupakan keterwakilan rakyat melalui partai politik di DPR maupun DPD, sehingga aspirasi yang diperjuangkan di MPR lebih besar. Meskipun Undang-Undang MD3 tentang MPR, DPR, DPRD dan DPD mengatur pemilihan pimpinan melalui sistem paket, hendaknya menetapkan figur negarawan untuk calon ketua.
 
Baca:Bamsoet Nilai MPR Belum Perlu Diisi 10 Pimpinan
 
Lely menyatakan, figur yang diwacanakan sebagai calon ketua MPR RI sebaiknya dipublikasikan, sehingga publik tahu prestasi dan rekam jejak figur tersebut. "Bagaimana kompetensi, integritas dan komitmennya mempersatukan bangsa," ujarnya.
 
Pengisian pimpinan MPR menggunakan sistem paket hendaknya memilih calon ketua MPR bukan berdasarkan pendekatan partai politik. Lely juga berharap MPRI periode 2019-2024 memiliki kinerja lebih baik yang manfaatnya dapat dirasakan masyarakat. (Asda Mazhida)
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif