Presiden Jokowi/MI/Panca Syurkani
Presiden Jokowi/MI/Panca Syurkani

Pemerintah Pusat Raih WTP 3 Tahun Berturut-turut

Nasional bpk
Dheri Agriesta • 29 Mei 2019 14:45
Jakarta: Presiden Joko Widodo bersyukur pemerintah pusat meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Ini kali ketiga pemerintah pusat meraih opini WTP sejak 2016.
 
"Kita wajib bersyukur untuk tiga tahun berturut-turut sejak 2016, pemerintah pusat mendapatkan opini WTP dari BPK," kata Presiden di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 29 Mei 2019.
 
Ia mengatakan opini itu menjadi bukti pertanggungjawaban pemerintah terhadap pelaksanaan APBN 2018 yang disajikan sesuai standar akutansi pemerintahan. Ia melihat berdasarkan hasil pemeriksaan LKPP, terdapat peningkatan jumlah kementerian lembaga yang meraih opini WTP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 2016, sebanyak 74 kementerian dan lembaga yang meraih opini WTP. Jumlah itu bertambah menjadi 80 kementerian dan lembaga pada tahun berikutnya.
 
"Tahun 2018 itu ada 82, artinya ini udah mencapai 95 persen dari jumlah kementerian dan lembaga yang ada," kata Jokowi.
 
Jokowi juga senang dengan penurunan jumlah kementerian dan lembaga yang meraih opini wajar dengan pengecualian. Pada 2016, sebanyak delapan kementerian dan lembaga yang meraih opini itu.
 
Setahun berikutnya, sebanyak enam kementerian dan lembaga yang tercatat meraih opini WDP. Pada 2018, hanya empat kementerian dan lembaga yang meraih opini tersebut.
 
"Ini biasanya saya sebutkan yang dapat WDP, pertama KPU, Kemenpora, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Komisi Pemberantasan Korupsi," kata Jokowi.
 
Kementerian dan lembaga yang mendapatkan opini Tak Memberikan Pendapat (TMP) atau disclaimer juga terus turun dari tahun sebelumnya. Pada 2016, sebanyak enam lembaga yang mendapatkan opini itu.
 
"Menjadi dua (kementerian dan lembaga) di tahun 2017, dan hanya satu di tahun 2018 yaitu Badan Keamanan Laut (Bakamla)," kata Jokowi.
 
Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Moermahadi mengatakan BPK memberikan opini WTP atas laporan keuangan pemerintah pusat tahun 2018. Predikat itu membuktikan pertanggungjawaban pemerintah secara materiel disajikan sesuai standar akuntansi keuangan.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif