Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani.
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani.

Moeldoko: Penaikan Iuran BPJS Sudah Dikalkulasi

Nasional BPJS Kesehatan
Damar Iradat • 05 September 2019 03:02
Jakarta: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan rencana penaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sudah dikalkulasi dengan matang. Ia menilai, iuran BPJS Kesehatan sudah sepatutnya mengalami penaikan.
 
"Ya udah dikalkulasi bahwa memang harus naik," kata Moeldoko di kantornya, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 4 September 2019.
 
Pada prinsipnya, kata dia, penaikan iuran BPJS kesehatan saat ini sudah berada dalam kajian yang menuju titik terang. Presiden Joko Widodo pun telah meminta manajemen BPJS Kesehatan untuk membangun sistem lebih efisien serta efektif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Moeldoko, penaikan iuran BPJS Kesehatan ini juga perlu diiringi dengan perbaikan dari sisi manajemen. Dengan begitu, jangan sampai iuran naik, tetapi pelayanan stagnan atau malah memburuk.
 
"Jadi dua-duanya (iuran dan manajemen) akan dibenahi, karena memang secara itung-itungan, selama ini BPJS Kesehatan tidak pernah mencukupi, oleh karena itu caranya harus naik," ucap dia.
 
Di sisi lain, Moeldoko meminta masyarakat memahami persoalan tersebut. Masyarakat juga diminta tak berfikir jika sehat itu murah.
 
"Kalau sehat itu murah, orang menjadi sangat manja, tidak mau mendidik dirinya untuk menjadi sehat. Sehat itu perlu perjuangan, perlu olahraga, perlu mengurangi rokok, kan begitu," kata dia.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya mengusulkan penaikan iuran BPJS Kesehatan untuk kelas II menjadi Rp110 ribu dan kelas I sebesar Rp160 ribu. Sementara itu, iuran kelas III diusulkan sebesar Rp42 ribu dari Rp25.500.
 
Dengan penaikan ini, Sri Mulyani memperkirakan akan ada surplus Rp17,2 triliun di 2020 yang bisa digunakan untuk menutup defisit tahun ini. Surplus Rp11,59 triliun juga muncul untuk 2021, Rp8 triliun di 2022, dan 2023 surplus sebesar Rp4,1 triliun.
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif