Vaksinasi PMK. Medcom.id/ Rhobi Shani
Vaksinasi PMK. Medcom.id/ Rhobi Shani

Vaksinasi PMK di Jepara Baru Menyentuh 6 Kecamatan

Rhobi Shani • 05 Juli 2022 15:13
Jepara: Pelaksanaan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, telah berjalan sepekan. Namun sampai saat ini vaksinasi baru terlaksana di 6 kecamatan, yaitu Kecamatan Kembang, Bangsri, Pecangaan, Donorojo, Kalinyamatan, dan Pakisaji.
 
Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jepara, Mudhofir, mengatakan sejak 27 Juni 2022 hingga 4 Juli 2022, vaksin yang sudah terpakai sebanyak 1.593 dosis untuk hewan ternak. Rinciannya di Kecamatan Kembang terpakai 994 dosis. Kemudian di Kecamatan Bangsri sebanyak 400 dosis. Lalu di Kecamatan Pakisaji sebanyak 93 dosis.
 
"Yang masih sedikit di Kecamatan Kalinyamatan, itu baru 10 dosis. Lalu di Kecamatan Donorojo 76 dosis. Kemudian di Kecamatan Pecangaan sebanyak 90 dosis. Itu kecamatan-kecamatan yang sudah, yang lainnya belum," kata Mudhofir di Jepara, Selasa, 5 Juli 2022.
 
Baca: PMK Mengganas, Warga Lojejer Coba Racikan Ramuan Tradisional Ini

Dia menjelaskan saat ini DKPP Kabupaten Jepara masih memiliki 1.407 dosis vaksin PMK. Meski begitu DKPP Jepara belum mengajukan tambahan vaksin PMK. Sebelumnya pemerintah provinsi mengalokasikan 3.000 dosis vaksin PMK untuk Kota Ukir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Belum, kami masih fokus menghabiskan yang masih ada. Karena ternyata tidak mudah, di lapangan banyak kendala yang dihadapi,” jelas Mudhofir.
 
Pelaksanaan vaksinasi PMK di Jepara tak selalu berjalan mulus. Tim vaksinasi kerap menuai kendala di lapangan. Seperti jaringan komunikasi yang terbatas dan mencari hewan pengganti untuk divaksin. Sebab, tak sedikit hewan ternak saat didafatarkan untuk divaksin dalam kondisi sehat, namun ketika hendak divaksin terpapar PMK.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif