Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Masyarakat Diharap Bisa Tes Usap Mandiri

Nasional Virus Korona pandemi covid-19
Nur Azizah • 06 Oktober 2020 18:44
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menetapkan harga tertinggi tes usap atau swab test Rp900 ribu per orang. Harga itu diharap dapat membuat masyarakat melakukan tes usap mandiri.
 
"Dengan harga itu mendorong masyarakat untuk bisa memeriksakan diri secara mandiri," kata juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 6 Oktober 2020.
 
Menurut Wiku, harga itu telah ditetapkan bersama Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Komponen yang menjadi pertimbangan, ialah jasa pelayanan, bahan habis pakai atau reagen, biaya administrasi, dan beberapa biaya pendukung lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Peluang ketidaktersediaan reagen bisa ditanggulangi dengan pemutaran pemasukan dan pengeluaran yang juga telah dipertimbangkan selama proses pembahasan standar harga tersebut," ujarnya.
 
Baca: Kasus Covid-19 Indonesia Tempati Urutan 137 di Dunia
 
Wiku berharap standar harga tersebut dapat menanggulangi disparitas perbedaan harga di laboratorium secara nasional.
 
Sebelumnya, Kementerian Kesehatan menetapkan batas atas pemeriksaan Polymarese Chain Reaction (PCR) sebesar Rp900 ribu. Kebijakan ini ditetapkan dalam Surat Edaran Nomor HK02.02/3715/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi PCR.
 
Batas tertinggi berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan atas permintaan sendiri. Batas tarif tertinggi tidak berlaku untuk kontak tracing atau rujukan kasus covid-19 ke rumah sakit yang mendapat bantuan dari pemerintah.
 
Dinkes provinsi dan kabupaten/kota diminta mengevaluasi penerapan tersebut secara periodik. Evaluasi akan dilakukan bersama Kementerian Kesehatan dan BPKP.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif