Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin - Medcom.id/Yogi Bayu Aji.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin - Medcom.id/Yogi Bayu Aji.

Rekrutmen 100 Ribu CPNS Dibuka Juni 2019

Nasional pns seleksi cpns
Damar Iradat • 24 Januari 2019 11:22
Jakarta: Pemerintah bakal membuka lagi rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS). Rencananya rekrutmen dibuka Juni 2019.
 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin mengatakan rekrutmen hanya menerima 100 ribu peserta. Fokus rekrutmen untuk tenaga kesehatan dan pendidikan.
 
"(Akan ada rekrutmen CPNS) di bulan Juni. Fokusnya tetap kepada tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan. Lebih fokus ke sana," kata Syafruddin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Syafruddin menyebut guru dan tenaga pengajar masih dibutuhkan. Sebab, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih membutuhkan kurang lebih 91 ribu guru dan tenaga pengajar.
 
(Baca juga:Ombudsman 'Banjir' Laporan Kejanggalan Seleksi CPNS)
 
Dia menambahkan rekrutmen ini sekaligus untuk menutupi posisi 52 ribu PNS yang pensiun pada 2019. Rekrutmen sengaja digelar agar tidak banyak rekrutmen tenaga honorer.
 
"Jaga keseimbangan supaya jangan lagi rekrutmen honorer terlalu banyak. Honorer kita akan selesaikan dengan jalur P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja)," jelas dia.
 
Mantan wakapolri itu mengaku sudah melaporkan hal tersebut ke Presiden Joko Widodo. Menurut dia, tak ada instruksi khusus dari Presiden terkait rekrutmen CPNS kali ini.
 
"Presiden hanyak mendengarkan saja. Apa masukan-masukan dari kita dan dipersilakan untuk menindaklanjuti," tandas dia.
 


 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif