Kecelakaan Lion Air JT610

KNKT Sebut Pesawat Hancur saat Menyentuh Air

Media Indonesia 05 November 2018 14:42 WIB
Lion Air Jatuh
KNKT Sebut Pesawat Hancur saat Menyentuh Air
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Jakarta: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih mencari penyebab kecelakaan pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610. Pesawat diduga hancur saat menyentuh laut.
 
"Serpihan-serpihan ini sudah dalam bentuk kecil. Semua serpihan itu karena pesawat mengalami pecah saat bersentuhan dengan air. Saat pesawat menyentuh air dalam keadaan utuh," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono saat memaparkan hasil temuan kepada keluarga korban, di Ballroom Hotel Ibis, Cawang, Senin, 5 November 2018.
 
Hingga kini tim Basarnas sudah menemukan black box FDR milik Lion Air JT-610. FDR mencatat kecepatan pesawat, temperatur, kemudi pesawat, dan bidang-bidang kemudi lainnya. Beberapa negara telah mengirim bantuan untuk melakukan investigasi terhadap black box yang ditemukan.
 
"KNKT dibantu Amerika, Singapura, Australia, dan Arab Saudi. Masing-masing mengirimkan tenaga ahlinya untuk membedah data di dalam FDR," kata Soerjanto.

Baca: Usut Manajemen Lion Air

Soerjanto mengatakan data-data yang ada dalam FDR sudah dapat diunduh dengan baik. Kini, KNKT dalam proses menyelidiki data yang ada dalam FDR. Namun, satu kotak hitam yang dapat memperkuat analisis tim KNKT hingga kini belum ditemukan.
 
"Ada satu kotak hitam lagi yang berisi suara. Mudah-mudahan tim kami bisa segera menemukan," kata Soerjanto. (Atalya Puspa)






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id