Ilustrasi. ANT/M Iqbal.
Ilustrasi. ANT/M Iqbal.

Garuda Indonesia Sudah Turunkan Harga Tiket

Nasional garuda indonesia
Desi Angriani • 16 Januari 2019 08:34
Jakarta: PT Garuda Indonesia (Persero) menurunkan tarif tiket penerbangan di sejumlah rute domestik. Hal ini menyusul kesepakatan antara pemerintah dan Indonesia National Air Carrier Association (INACA) untuk menyesuaikan tarif penerbangan.
 
Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengatakan tiket Aceh-Jakarta yang awalnya Rp3,2 juta sudah turun menjadi Rp1,6 juta. Begitu pula tiket rute Jakarta-Surabaya sudah kembali ke harga normal dari Rp1,6 juta menjadi Rp1,3 juta.
 
"Hampir semua rute sudah turun ya. Harga tiket Garuda, tiket Aceh sebelumnya Rp3,2 juta itu tertinggi, sudah turun Rp1,6 juta," katanya saat ditemui di Penang Bistro Kebon Sirih, Jakarta, Selasa 15 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun demikian, rute Jakarta-Denpasar dan Jakarta-Yogyakarta belum turun lantaran permintaan yang cukup tinggi. Harga tiket dari Jakarta menuju Denpasar masih berkisar Rp1,9 juta.
 
Sementara tarif penerbangan berbiaya murah (LCC), juga sudah turun. Misal tarif Jakarta-Surabaya mulai turun menjadi Rp500 ribu dan Jakarta-Yogyakarta berkisar Rp300 ribu-Rp400 ribu.
 
"Contoh ke Denpasar dari Kamis sore sama Senin siang semua jam penuh atau dari Yogyakarta dari pagi sampai sore mau dijual berapapun tetap dilahap konsumen," imbuh dia.
 
Ari mengungkapkan kenaikan harga tiket pesawat guna menutupi kerugian operasional yang selama ini ditanggung perseroan. Sebanyak 40 sampai 45 persen biaya operasional merupakan biaya avtur.
 
Sisanya digunakan untuk sewa pesawat dan belanja pegawai. Meski begitu, kenaikan masih didasarkan pada formulasi perhitungan dan penetapan tarif batas atas dan tarif batas bawah penumpang.
 
"10 persen ada biaya pegawai yang harus dikasih makan, dari Garuda sendiri 10 ribu pegawai, Citilink dua ribu, Sriwijaya 4.500, jadi ini masyarakat yang perlu kami biayai dan masuk dalam komponen biaya kita. Ini kisah sedih maskapai yang masyarakat tidak tahu sementara kita tetap harus memberikan harga yang terjangkau," pungkas dia.
 
Seluruh maskapai nasional yang tergabung dalam Indonesia National Air Carrier Association (INACA) akhirnya sepakat untuk menurunkan tarif tiket penerbangan domestik hingga 60 persen.
 
Harga tiket pesawat yang sudah diturunkan setara dengan tarif tiket sebelum musim liburan Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru)
 
Ada enam rute penerbangan domestik yang turun yakni rute Jakarta-Denpasar, Jakarta-Yogyakarta, Bandung-Denpasar, dan Jakarta-Surabaya. Penurunan harga juga akan disusul oleh rute domestik lainnya seperti Jakarta-Padang, Jakarta Pontianak, dan Jakarta-Jayapura.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif