Lokasi gempa di Filipina. (Foto: BNPB)
Lokasi gempa di Filipina. (Foto: BNPB)

WNI di Filipina Aman dari Gempa

Nasional gempa bumi
29 Desember 2018 13:10
Jakarta: Konsulat Jenderal RI Davao memastikan warga negara Indonesia (WNI) di Filipina aman dari gempa. Guncangan dengan magnitudo 7,1 skala richter tidak berdampak langsung terhadap WNI yang bermukim di Filipina.
 
"Sejauh ini tidak ada korban WNI baik di kantor KJRI, wisma, dan sekolah Indonesia. Semua sudah kita periksa tidak ada kerusakan," ujar Konjen RI Davao Berlian Napitupulu melalui sambungan telepon dalam Metro Siang, Sabtu, 29 Desember 2018.
 
Selain kantor-kantor pemerintahan Indonesia di Filipina, gempa juga tidak merusak bangunan penduduk setempat. Berlian mengatakan mayoritas bangunan yang berdiri di Filipina terbuat dari kayu sehingga cenderung lebih tahan guncangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berlian mengungkapkan pihaknya terus membangun komunikasi dengan pejabat setempat untuk memastikan seluruh WNI di Filipina aman. Beberapa tempat juga turut dikunjungi sebagai bagian dari tanggung jawab pemerintah terhadap WNI.
 
"Sejauh mungkin kami menjangkau seluruh wilayah yang didiami WNI di Filipina melalui telepon dan mengunjungi beberapa tempat. WNI banyak yang di pulau-pulau sehingga tidak bisa ditinjau secara langsung," jelasnya.
 
Ia menambahkan ada sekitar 2.600-an WNI yang saat ini berada di Filipina. Pihaknya juga bekerja sama dengan para penghubung yang merupakan bagian dari aparat pemerintah setempat untuk menjamin situasi tetap kondusif pasca-gempa.
 
Gempa berkekuatan 7,1 Skala Richter mengguncang wilayah tenggara Filipina pada pukul 10.39.12 WIB. Episenter terletak pada koordinat 5,85 Lintang Utara dan 126,81 Bujur Timur tepatnya di laut pada jarak 201 kilometer arah timur laut Kepulauan Talaud, Sulut pada kedalaman 69 kilometer.
 
Gempa ini dirasakan di Provinsi Davao Oriental dan Davao Ocidental, Filipina, dalam skala intensitas V MMI. Sementara itu gempa ini juga dilaporkan masyarakat di wilayah Indonesia seperti di Melonguane (Kepulauan Talaud) dalam skala intensitas IV MMI, Tahuna (Kepulauan Sangihe) intensitas III-IV MMI, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai intensitas III MMI, sedangkan Manado, Ternate, Jailolo intensitas II MMI.
 


 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif