Gempa 6,5 SR Guncang Maluku Barat Daya

01 Desember 2018 21:39 WIB
gempa bumi
Gempa 6,5 SR Guncang Maluku Barat Daya
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Jakarta: Gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Maluku Barat Daya. Guncangan terasa sekitar pukul 20.27 wib, Sabtu, 1 Desember 2018.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berada di 275 km Timur Laut Kabupaten Maluku Barat Daya. Titik koordinat di 7,66 Lintang Selatan (LS) dan 128,83 Bujur Timur, dengan kedalaman 162 km.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengonfirmasi dampak gempa ke BPBD Maluku Barat Daya. Gempa tidak berpotensi tsunami.


"Gempa dirasakan lemah hingga Sedang selama 2 sampai 3 detik," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulis.

Menurut Sutopo, gempa tidak membuat warga di sekitar panik. Sebab, daerah tersebut sering diguncang gempa, namun tidak menimbulkan kerusakan dan korban jiwa.

"Daerah tersebut sering terjadi gempa dengan kekuatan lebih dari M 6,0 tetapi pusat gempa dalam sehingga tidak merusak," ujarnya.

Hingga kini, BPBD Maluku Barat Daya masih terus melakukan pemantauan di lapangan. Warga diminta tetap tenang dan waspada dengan kemungkinan terjadinya gempa susulan.



(JMS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id